Diresmikan Jokowi, Bandara Tebelian Sintang Beroperasi 17 Desember

Bandara Tebelian di Sintang, Kalimantan Barat diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini. Bandara tersebut dioperasikan untuk meningkatkan konektivitas sekaligus mendukung kegiatan ekonomi masyarakat.

"Kelancaran konektivitas menjadi kunci. Kita harus mampu membuat konektivitas antar provinsi, antar daerah, antar kabupaten, semakin mudah, lancar, dan terjangkau oleh masyarakat. Sehingga sentra-sentra yang baru akan tumbuh semakin banyak di berbagai daerah," kata Jokowi saat meresmikan Bandara Tebelian, Rabu (8/12/2021).

Ia menambahkan keberadaan Bandara Tebelian sangat penting untuk melayani peningkatan kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat di wilayah Kalimantan Barat dan sekitarnya. Jokowi mengulas tahun ini terjadi peningkatan angka investasi di luar pulau Jawa dibandingkan di pulau Jawa. Ia menyebut hal ini didorong perbaikan kualitas infrastruktur di luar Pulau Jawa.

"Peningkatan ini tidak lepas dari upaya kita menyiapkan infrastruktur tidak hanya di Jawa, tetapi secara merata di seluruh penjuru Tanah Air atau Indonesia Sentris," lanjut Jokowi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang hadir mendampingi Jokowi mengatakan, Bandara Tebelian dibangun untuk meningkatkan aksesibilitas, konektivitas, dan mendukung industri perkebunan dan pertambangan, serta industri pariwisata di Kabupaten Sintang, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sanggau, dan Kabupaten Melawi.

"Bandara ini akan beroperasi kembali pada tanggal 17 Desember 2021, setelah sempat berhenti beroperasi akibat pandemi," sebut Budi Karya.

Kehadiran bandara ini diharapkan dapat semakin memudahkan aksesibilitas masyarakat dan meningkatkan perekonomian masyarakat wilayah sekitar.

"Pak Presiden Joko Widodo mengamanatkan kepada kami bahwa bandara-bandara di perbatasan harus diperhatikan secara khusus, agar filosofi untuk mempersatukan Indonesia bisa dijalankan. Inilah wujud Indonesia sentris yang diharapkan oleh pak Presiden," tutur Budi Karya.

Ia berterima kasih kepada Ketua Komisi V DPR RI, pemerintah daerah, dan seluruh pemangku kepentingan terkait, yang telah turut mendukung penyelesaian pembangunan Bandara Tebelian yang dikerjakan sejak tahun 2011, dan terus dilakukan pengembangannya hingga tahun 2020.

Sebagai Informasi, Bandara Tebelian memiliki landas pacu sepanjang 1.820 meter x 30 meter yang dapat didarati pesawat sejenis ATR-72/600 dengan Apron mampu menampung 4 pesawat jenis ATR-72/600 pada saat bersamaan, dilengkapi terminal penumpang seluas 2.000 m2 yang mampu melayani 75 ribu penumpang per tahun.

Penerbangan di Bandara Tebelian akan kembali beroperasi di tanggal 17 Desember 2021 oleh maskapai Wings Air dengan rute Pontianak-Sintang. Sebelumnya jumlah penumpang di Bandara Tebelian mencapai 100 ribu orang per tahun, namun sempat mengalami penurunan penumpang karena dampak pandemi.

Turut hadir dalam acara peresmian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, dan Bupati Sintang Jarot Winarno.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan