Jokowi Tanam Pohon di Areal Bekas Galian Tambang di Sintang Kalimantan Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman pohon bersama masyarakat di bekas pertambangan emas Daerah Aliran Sungai (DAS) Kelurahan Kedabang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (8/12/2021).

"Pada hari ini saya berkunjung ke Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka penanaman pohon untuk pemulihan lingkungan di bekas-bekas tambang yang ada di Provinsi Kalimantan Barat yang ini juga nanti kita lanjutkan di provinsi-provinsi yang lain," ucapnya.

Dengan menanam pohon berbagai jenis, diharapkan terjadi pemulihan lingkungan utamanya di daerah tangkapan air atau hujan. Dengan begitu banjir bisa diminimalisasi. "Kita tahu ini adalah bekas pertambangan emas kira-kira tahun 90-an. Kemudian tadi kita telah menanam vegetasi pohon, baik itu buah buahan dan spesies lainnya. Kita harapkan dengan penanaman pohon tadi, pemulihan lingkungan utamanya di catchment area, daerah tangkapan air, daerah tangkapan hujan, yang di daerah aliran sungai baik Sungai Kapuas, Sungai Melawi, di hulunya ini banyak yang rusak karena hal-hal yang berkaitan dengan pertambangan dan juga kerusakan hutan karena perkebunan," jelasnya.

Jokowi juga ingin penanaman pohon di bekas galian tambang lainnya bisa dilakukan untuk memulihkan lingkungan. "Selain kita akan juga membangun sebuah persemaian nursery di lingkungan Sungai Kapuas dalam rangka penanaman kembali, rehabilitasi hutan-hutan kita yang rusak," tutupnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan