Kapolda Metro: Ancol Bakal Jadi Lokasi Formula E

Teka-teki lokasi pelaksanaan Formula E di Jakarta mulai terkuak. Lokasi balapan itu akan digelar di Ancol, Jakarta Utara.

Keterangan itu disampaikan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Bocoran lokasi balapan Formula E disampaikan Fadil usai bertemu dengan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo dan Dirut Ancol Teuku Sahir Syahali di Polda Metro Jaya, pagi tadi.

Pertemuan ketiganya diketahui membahas soal Ancol yang menjadi lokasi arena road race bagi pembalap jalanan yang difasilitasi oleh pihak Polda Metro Jaya. Fadil lalu menyebutkan Ancol yang juga akan menjadi lokasi dihelatnya Formula E.

"Saya kira ekosistem yang kita bangun ini akan berkembang terus menerus. Mudah-mudahan Ancol akan membangun segera lokasi ini, karena kan Formula E juga ada di sana," kata Fadil di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/12/2021).

Sebelumnya Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni mengatakan saat ini pilihan venue Formula E telah mengerucut dari lima menjadi dua lokasi. Lokasi sirkuit Formula E segera difinalkan dalam waktu dekat.

"Sangat benar sekali. Sudah mengerucut (jadi 2) dan akan final segera mungkin atas persetujuan dari FIA dan FEO," kata Sahroni saat dihubungi, Minggu (19/12).

Politikus NasDem itu enggan memerinci lokasi mana yang menjadi calon sirkuit Formula E. Yang jelas, kata dia, panitia langsung bergerak mempersiapkan sirkuit usai mengantongi persetujuan dari Federasi Otomotif Indonesia, atau FIA.

Sahroni juga memastikan pembangunan sirkuit tidak akan membutuhkan waktu lama.

"Setelahnya akan segera dikebut untuk Dapatkan Homologasi dari FIA," jelasnya.

"Saat sekarang FIA dan FEO sudah setuju, lokasi langsung dirapikan palingan 2-3 bulan saja," sambung Sahroni.

Terakhir, Sahroni berharap lokasi yang ditunjuk bisa digunakan untuk menyelenggarakan event balapan lainnya usai gelaran Formula E.

"Semoga di antara 2 lokasi akan jadi pilihan 1 untuk tidak hanya dipakai Pada saat formula E saja tapi bisa di gunakan dalam event-event lain. Contoh para balap liar nantinya bisa diarahkan ke lokasi tersebut dan event-event lainnya," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Jakpro bersama tim Formula E Operation (FEO) telah mengantongi lokasi sirkuit Formula E. Nantinya lokasi akan diumumkan pada 23 Desember mendatang.

"Tanggal 23 (Desember) diumumkan," kata Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto saat dihubungi, Jumat (17/12/2021).

FEO bersama Jakpro mulanya meninjau 5 alternatif lokasi Formula E, yaitu kawasan Sudirman, Pantai Indah Kapuk, sekitar Jakarta International Stadium (JIS), JIExpo Kemayoran, dan Ancol.

Widi menyebut, setelah melalui kajian mendalam, akhirnya diputuskan lokasi yang cocok didirikan trek Formula E.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan