Kapolri Listyo Sigit Mutasi 8 Jenderal Tugas di Luar Struktur Polri

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan penyegaran di tubuh Korps Bhayangkara melalui kebijakan mutaasi dan promosi jabatan. Dari 657 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) yang dimutasi, delapan di antaranya bertugas di luar struktur Polri. 

Mutasi tertuang dalam empat Surat Telegram Kapolri, masing-masing Nomor: ST/2567/XII/KEP./2021; ST/2568/XII/KEP./2021; ST/2569/XII/KEP./2021; dan ST/2570/XII/KEP./2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Surat tertanggal 17 Desember 2021 ini diteken Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Wahyu Widada. 

Di jajaran pati, terdapat sejumlah jenderal yang masuk dalam daftar mutasi untuk penugasan di luar struktur Polri. Mereka antara lain bertugas di kementerian maupun badan. 

Ada delapan jenderal yang mendapatkan penugasan tersebut. Beberapa di antaranya telah bertugas di kementerian/badan tersebut, namun berstatus perwira menengah. Mutasi kali ini menegaskan posisi yang sama, namun dengan pangkat baru. 

Sebagai contoh Brigjen Pol Hermanta.“Brigjen Pol Hermanta, Pamen Baharkam Polri (penugasan pada Kemenhub) dimutasikan sebagai Pati Baharkam Polri (penugasan pada Kemenhub),” bunyi salinan Telegram Kapolri Nomor ST/2567, dikutip Senin (20/12/2021). 

Selain Hermanta, terdapat pula Analis Kebijakan Utama Bidang Intelijen Densus 88 Antiteror Irjen Pol Ibnu Suhaendra. Lulusan Akademi Kepolisian 1993 ini dimutasikan sebagai pati Densus 88 Antiteror untuk penugasan pada Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). 

Dalam mutasi besar-besaran ini sejumlah kapolda juga diganti. Kapolda Bengkulu Irjen Guntur Setyanto dimutasi menjadi pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun. Posisi Kapolda Bengkulu ditempati Irjen Agung Wicaksono yang kini menjabat Wairwasum Polri. 

Selain itu Irjen Pol M Iqbal yang semula Kapolda Nusa Tenggara Barat dirotasi sebagai Kapolda Riau. Rekan satu angkatan Kapolri Listyo Sigit di Akpol 1991 tersebut merasa bersyukur dengan penugasan barunya. 

"Saya bersyukur dipercaya lagi oleh Bapak Kapolri menjadi perpanjangan tangan beliau di salah satu provinsi Indonesia, yakni Riau. Dan Riau bagi saya bukan daerah yang asing. Saya seperti pulang ke kampung halaman," kata Iqbal. 

Berikut delapan Jenderal dimutasi ke luar struktur Polri 

1. Irjen Pol Ibnu Suhaendra, Analis Kebijakan Utama Bidang Intelijen Densus 88 Antiteror dimutasikan sebagai pati Densus (penugasan pada BNPT). 

2. Brigjen Pol Hermanta, Pamen Baharkam Polri (penugasan pada Kemenhub) dimutasikan sebgai pati Baharkam Polri (penugasan pada Kemenhub). 

3. Brigjen Pol Sukandar, pamen Bareskrim Polri (penugasan pada BNN) dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri (penugasan pada BNN). 

4. Brigjen Pol Edhy Moestofa, pamen Bareskrim Polri (penugasan pada BNN) dimutasikan sebagai pati Bareskrim Polri (penugasan pada BNN).

 5. Brigjen Pol Tjatur Abrianto, Pamen Bareskrim Polri (penugasan pada BNN) dimutasikan sebagai pati Bareskrim Polri (penugasan pada BNN). 

6. Brigjen Pol Wishnu Handoko, pamen Bareskrim Polri (penugasan pada BNN) dimutasikan sebagai pati Bareskrim Polri (penugasan pada BNN). 

7. Brigjen Pol Andi Fairan, pamen Bareskrim Polri (penugasan pada BNN) dimutasikan sebagai pati Bareskrim Polri (penugasan pada BNN). 

8. Brigjen Pol Indra Gautama, pamen Bareskrim Polri (penugasan pada BNN) dimutasikan sebagai pati Bareskrim Polri (penugasan pada BNN). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan