Kapolri Listyo Sigit Resmi Dilantik Sebagai Ketua Umum PB ISSI

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) 2021-2025 di dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional yang digelar di Jakarta, Sabtu (11/12).

Jenderal polisi itu dilantik langsung oleh Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen TNI Purn Marciano Norman.

"Sebelum secara resmi dikukuhkan dan dilantik, saya ingin bertanya dan mendapat jawaban saudara-saudara sekalian. Apakah saudara-saudara bersedia untuk mengucapkan janji prasetia kepengurusan anggota KONI Pusat," tanya Marciano kepada pejabat yang akan dilantik.

"Bersedia," jawab Listyo dan pengurus lain serentak.

Dalam susunan kepengurusan PB ISSI, terdapat dua Jenderal polisi yang dilantik. Selain Listyo, ada nama Irjen Wahyu Hadiningrat yang dilantik sebagai Ketua Harian PB ISSI.

Di Korps Bhayangkara, Wahyu menjabat sebagai Asisten Kapolri bidang Perencanaan Umum dan Anggaran. Ia perwira tinggi Polri dengan bintang dua di pundaknya.

Selain dua Jenderal polisi itu, ada nama Sekretaris Kabinet, Pramono Anung yang menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat PB ISSI.

Kemudian, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni yang menjabat sebagai Anggota Dewan Penasehat PB ISSI.

"Saya berjanji bahwa saya, senantiasa tunduk dan setia kepada negara kesatuan republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila, dan Undang-undang Dasar 1945. Saya berjanji bahwa saya, senantiasa melaksanakan, patuh dan taat kepada hukum," kata Marciano saat membacakan sumpah diikuti dengan pejabat yang dilantik.

"Serta menjunjung tinggi Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga dan Kode Etik Komite Olahraga Nasional Indonesia," kata Marciano menambahkan.

Usai dilantik, Listyo akan mulai menjabat sebagai Ketum hingga April 2025 mendatang. Penetapan itu merujuk pada Surat Keputusan yang ditetapkan pada 24 Mei 2021 lalu.

Listyo Sigit ditetapkan secara aklamasi karena menjadi calon tunggal dalam Munaslub PB ISSI di FX Senayan, Jakarta, Sabtu (3/4). Kala itu, Listyo tak hadir langsung dalam penetapan tersebut dan diwakilkan oleh Irjen Wahyu.

Ketua Panitia Pemilihan Munaslub PB ISSI, Jadi Rajagukguk menjelaskan Listyo telah memenuhi semua syarat yang ditetapkan. Itu setelah Komite Pemilihan Munaslub PB ISSI melakukan verifikasi dan rapat penetapan.

"Pada 29 Maret 2021, pukul 19.00 WIB, diputuskan hanya satu orang yang mengajukan proposal, yakni bapak Kapolri Listyo Sigit Prabowo," kata dia.[cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan