Luhut soal Karantina: Jangan Terlalu Banyak Rekomendasi Gak Jelas!

Menko Marves Luhut Pandjaitan angkat bicara terkait rekomendasi karantina yang saat ini ramai diperbincangkan. Luhut mengatakan pihaknya akan mengevaluasi rekomendasi karantina agar tidak terlalu banyak rekomendasi yang tak jelas.

"Tadi ratas juga sebenarnya hanya mengevaluasi mengenai karantina, supaya karantina itu jangan terlalu banyak rekomendasi-rekomendasi yang gak jelas. Jadi sekarang kita batasi," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (13/12/2021).

Luhut mengatakan saat ini kurva pandemi Corona di Indonesia sedang turun, ia mengimbau agar semua pihak bekerjasama agar kasus Corona tidak naik kembali, salah satunya dengan mematuhi aturan karantina. Luhut meminta agar masyarakat tidak berlibur ke luar negeri dulu supaya tidak membawa virus ke dalam negeri.

"Kita ga boleh jumawa tapi kita sampai hari ini memang masih dalam level 1, dan kita masih confidence, tapi semua harus kerjasama makanya kita imbau tadi gausah dulu libur-libur ke luar negeri dulu deh supaya jangan bawa penyakit ke dalam negeri, ini masih banyak tempat-tempat liburan di republik ini yang harus kita kunjungi," ujar Luhut.

Luhut juga telah meminta agar aturan karantina 10 hari bagi pelaku perjalanan internasional disosialisasikan. Luhut menyebut jika ada pihak yang berupaya melarikan diri dari karantina akan diberi tindakan.

"Kemarin ada upaya upaya melarikan itu kita akan langsung ceburin aja masuk ke dalam karantina terpusat, kalau nggak mau di hotel, kita bikin di karantina lain yang kita betul-betul pastikan bahwa itu aman, jadi kita ada menghitung resiko dengan data yang ada," ujar Luhut.

Sebelumnya, ramai isu anggota DPR Fraksi Gerindra, Mulan Jameela dan suaminya Ahmad Dhani dan anak-anaknya mendapat rekomendasi karantina mandiri dari BNPB usai dari luar negeri. Satgas menjelaskan rekomendasi tersebut agar Mulan Jameela dapat melakukan karantina mandiri di rumah.

Satgas Udara COVID-19 Bandara Soekarno-Hatta angkat bicara terkait kabar Ahmad Dhani dan istrinya Mulan Jameela beserta anak-anaknya tak karantina sepulang dari Turki. Satgas menyebut bahwa Mulan Jameela sebagai anggota DPR RI mendapat rekomendasi dari BNPB untuk bisa karantina di rumah.

"Kalau itu di surat karantina dari BNPB nomornya lupa saya yang saya approve tanggal 5 (Desember) itu disebutkan bahwa ibu Raden Wulan Sari atau ibu Mulan Jameela itu sebagai anggota DPR RI memang dapat karantina mandiri di rumah di Pondok Indah, Jakarta Selatan," kata Komandan Satgas Udara COVID-19 Bandara Soekarno-Hatta, Kolonel Agus Listiyono, kepada wartawan, Senin (13/12/2021).

"Yang saya baca rekomendasi dari BNPB di situ memang disebutkan ibu Mulan Jameela dan keluarganya," tambahnya.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan