Polda Metro Tegaskan Tak Beri Izin Reuni 212 di Patung Kuda!

Panitia mengubah agenda Reuni 212 yang semula digelar di Masjid Az Zikra, Sentul, Bogor, kini juga menyatakan akan menggelarnya di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Terkait hal ini, Polda Metro Jaya menegaskan tidak akan mengeluarkan izin untuk acara tersebut.

"Polda Metro tegas tidak akan berikan izin untuk kegiatan ini. Kami sudah sampaikan tidak akan berikan izin," ujar Kabid Humas Polda Metr Jaya Kombes E Zulpan saat dihubungi detikcom, Selasa (30/11/2021).

Zulpan mengatakan izin keramaian diterbitkan oleh pihak kepolisian. Namun, dalam penerbitan ini, panitia acara harus melengkapi syarat administrasi yang telah ditentukan.

Di masa pandemi COVID-19 ini, panitia yang mengundang kerumunan massa harus mendapatkan rekomendasi dari Satgas COVID-19. Dalam hal ini, kata Zulpan, Satgas COVID-19 sudah menyatakan tidak akan memberikan rekomendasi.

"Oleh karena itu, mendasari rekomendasi Satgas COVID yang tidak memberikan rekomendasi kegiatan tersebut, maka Polda Metro Jaya tidak akan mengeluarkan izin," jelas Zulpan.

Polda Metro Jaya sebelumnya mengapresiasi panitia karena tidak menyelenggarakan Reuni 212 di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Namun, dengan adanya perubahan agenda tersebut, Polda Metro Jaya kembali menegaskan tidak akan memberikan izin.

"Kami tegaskan kembali, Polda Metro Jaya tidak memberikan izin," ujar Zulpan.

Lantas, bagaimana apabila Reuni 212 tetap dipaksakan digelar di Patung Kuda?

"Yang jelas kami tidak akan berikan izin. Kami harap mereka bisa mematuhi aturan ini, aturannya sudah jelas ada di Pasal 510 KUHP kalau tetap memaksakan kehendak," tuturnya.

Zulpan meminta perhatian kepada panitia untuk tidak menggelar Reuni 212 dengan pertimbangan dikhawatirkan berpotensi menimbulkan klaster baru Corona. Ia mengatakan pihaknya mengedepankan keselamatan rakyat.

"Agar memahami, saat ini kan situasi pandemi, tentu ini tidak baik. Apalagi Satgas COVID tidak memberikan rekomendasi," tamahnya.

Perubahan Rencana Reuni 212

Panitia Reuni 212 kembali memperbarui jadwal penyelenggaraan Reuni 212. Sebelumnya, panitia menyebut Reuni 212 akan diselenggarakan di Masjid Az Zikra, Sentul, Bogor, kini panitia menyebut aksi juga akan digelar di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Hal itu disampaikan oleh Steering Committee Reuni 212 Slamet Ma'arif. Adapun Reuni 212 digelar dalam dua bentuk acara, yaitu aksi bertajuk 'Aksi Superdamai' yang digelar pagi hari di Patung Kuda, Jakarta Pusat, serta silaturahmi dan dialog dengan 100 tokoh. Acara ini akan digelar di Masjid Az Zikra.

"Setelah memperhatikan situasi dan perkembangan yang ada serta masukan dari ulama dan umat maka Reuni Alumni 212 tahun 2021 akan diadakan dalam bentuk: 1. Aksi Superdamai untuk menyampaikan pendapat yang dilindungi UU No 9 Tahun 1998 dengan tema: Bela Ulama, Bela MUI dan Ganyang Koruptor yang bertempat di Kawasan Patung Kuda Jakarta, Kamis 2 Desember 2021 jam 08.00-11.00 WIB dengan Wajib menjaga Protokol kesehatan dan Ciri khas 212," bunyi keterangan yang diterima, Selasa (30/11).

Slamet mengatakan pihaknya sudah memberi surat pemberitahuan terkait aksi ini ke Polda Metro Jaya. Namun belum dijelaskan apakah polisi memberi izin untuk aksi tersebut.

"Surat pemberitahuan ke Polda Metro Jaya telah diberikan hari Senin, 29 November 2021 Jam 14.00-14.50 WIB," katanya.

Kemudian acara Reuni 212 kembali digelar dari pukul 12.30 sampai 15.30 WIB di Masjid Az Zikra. Acara ini berbentuk silaturahmi dan dialog dengan tokoh.

"Silaturahmi dan Dialog 100 Tokoh dengan tema: Bersama mencari Solusi untuk keselamatan NKRI. Kamis, 2 Desember 2021 jam 12.30-15.30 WIB di Aula Masjid Az Zikra Bogor," jelasnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan