PPKM Jawa Bali Diperpanjang, 4 Daerah Naik Jadi Level 2

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali kembali diperpanjang. Berdasarkan hasil asesmen terbaru, ada 4 daerah yang naik menjadi PPKM Level 2.

"Berdasarkan hasil asesmen hingga 11 Desember 2021 ini, hanya tersisa 10 Kabupaten/Kota di Jawa Bali yang berada pada Level 3 atau 7,8 persen dari total seluruh 128 Kabupaten/Kota yang berada di Jawa Bali. Terdapat juga 13 Kabupaten/Kota yang masuk ke dalam Level 1. Namun, terdapat 4 Kabupaten/Kota yang naik ke Level 2," kata Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, Senin (13/12/2021).

Luhut menjelaskan, saat ini tren kasus COVID-19 di Indonesia juga masih stabil. Hal itu terbukti dari dari kasus COVID-19 yang terus terjaga pada tingkat yang cukup rendah.

"Saat ini pula angka kasus konfirmasi masih terus dapat dijaga dan penurunannya masih di angka 99% sejak puncak kasus pada bulan Juli lalu. Selain itu juga dapat disampaikan bahwa kasus aktif dan jumlah rawat di Jawa Bali terus mengalami penurunan," ungkap dia.

Belum Ditemukan Omicron di RI

Luhut turut menyampaikan perkembangan kasus COVID-19 varian Omicron. Dia mengatakan, hingga saat ini belum ditemukan adanya varian Omicron di Indonesia.

"Sampai dengan hari ini berdasarkan informasi yang diberikan oleh Kemenkes dari hasil genome sequencing yang terus dilakukan tidak ditemukan adanya temuan kasus varian Omicron di Indonesia," kata Luhut.

Evaluasi 2 Minggu Sekali

Seperti diketahui, Pemerintah mengevaluasi pelaksanaan PPKM di Indonesia setiap dua minggu sekali. Dalam hal ini, pemerintah akan mengkategorikan sejumlah kabupaten/kota dalam level 1-4 berdasarkan indikator penilaian yang ditetapkan.

Indikator yang dihitung di antaranya jumlah kasus Covid-19, kematian, kesembuhan, testing, dan tracing, keterisian tempat tidur rumah sakit, hingga capaian jumlah warga yang sudah menerima dosis vaksin Covid-19 di wilayah masing-masing tersebut.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan