Sssst... Gibran Beri Bocoran soal Suksesi Mangkunegaran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan bocoran terkait suksesi Mangkunegaran. Dia mengatakan, sesuai informasi yang didapatkannya suksesi akan berlangsung tahun depan.

"Nggak, belum sedetail itu. informasinya Januari pertengahan," ujar Gibran usai bertanding futsal dengan wartawan di Penumping, Solo, Jumat (10/12/2021).

Ditanya mengenai siapa penerus Mangkunegara IX, Gibran mengaku masih belum mengetahuinya.

"(Siapa) Belum tahu, harusnya iya (diundang jumenengan). Tunggu aja Januari, sudah ada kandidat ada tiga," tuturnya.

Gibran mengatakan dirinya siap untuk mengawal jalannya suksesi Mangkunegaran hingga terpilihnya penerus Mangkunegara IX.

"Harapannya semoga ini berjalan lancar dan ini kami kawal terus sampai selesai. Nggak memanas, semuanya rukun. Gusti Bhre, Gusti Paundra, Gusti Roy, semuanya rukun sudah ketemu semua," papar Gibran.

Gusti Bhre dan Gusti Paundra adalah dua putra dari mendian Sri Mangkunegara IX. Sedangkan yang disebut Gusti Roy oleh Gibran adalah KRMH Roy Rahajasa Yamin, kemenakan mendiang Mangkunegara IX. Karena dia bukan putra Mangkunegara maka sebenarnya dia tidak bergelar Gusti.

Selain Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang menemuinya di kantornya di Balai Kota, Gibran mengatakan bahwa Roy dan Paundra juga juga pernah menemuinya.

"Gusti (KRMH) Roy pernah ke kantor, tapi mungkin teman media nggak tahu. (Paundra) Sering ketemu di acara kebudayaan, batik, keris. baik semuanya bertiga baik," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, salah seorang calon kuat penerus Mangkunegara IX yakni GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo menemui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kemarin. Berikut ini keterangan Bhre dan Gibran tentang pertemuan itu.

Keduanya melakukan pertemuan tertutup di ruang kerja orang nomor satu di Kota Solo di balai kota, Rabu (8/12). Pertemuan itu berlangsung selama sekitar satu jam. Keluar dari ruang kerja Gibran, GPH Bhre Cakrahutomo tidak banyak berbicara.

Bhre mengaku hanya makan siang bersama Gibran tanpa membahas soal Suksesi Mangkunegaran.

Bhre juga enggan membeberkan mengenai adakah rapat keluarga yang akan digelar untuk memutuskan siapa yang akan menjadi Mangkunegara X.

"Saya nggak, jangan bahas yang itu, Mas," ucapnya, Solo, Rabu (8/12).[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan