Survei: Elektabilitas Prabowo-Sandi Tertinggi di Bursa Capres 2024

Hasil survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) melansir elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat ini tertinggi dalam bursa calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024.

Hasil itu diperoleh dari survei yang dilakukan KedaiKOPI terhadap 1.200 responden dengan usia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun, dengan menggunakan metode face to face interview atau home visit. Margin error survei ini sekitar 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan paparan Direktur Eksekutif KedaiKOPI, elektabilitas Prabowo sebagai capres 2024 saat ini berada di 23,9 persen. Ia menjadi yang tertinggi dibandingkan delapan nama lainnya.

Dua tokoh capres potensial 2024 yang elektabilitasnya di bawah Prabowo adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 16,4 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 12,5 persen.

"Prabowo 23,9 persen, Ganjar 16,4 persen, Anies 12,5 persen, Jokowi 8,6 persen, Sandiaga 3,6 persen, Ridwan Kamil 3,3 persen, Risma 2 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 1,5 persen, dan Khofifah 1,5 persen," kata Kunto dalam paparan surveinya, Minggu (19/12).

Sementara itu, dari sisi bursa cawapres 2024, elektabilitas Sandi menjadi yang tertinggi dibandingkan 12 nama lainnya. Sebanyak dua tokoh cawapres potensial 2024 yang berada di bawah Sandi adalah Anies dengan elektabilitas 12,3 persen serta Ganjar dengan elektabilitas 8,5 persen.

Namun, hasil survei elektabilitas capres berubah ketika nama capres dikerucutkan menjadi tiga calon. Ganjar naik ke posisi pertama dengan elektabilitas 39,5 persen menyalip Prabowo yang turun ke posisi kedua dengan elektabilitas 31,7 persen. Sementara itu, Anies tetap di posisi ketiga dengan elektabilitas 28,8 persen.

Lebih lanjut, KedaiKOPI menyimulasikan sejumlah nama cawapres dengan tiga capres potensial, yaitu Ganjar, Prabowo, dan Anies. Hasilnya, Sandi selalu mendapatkan elektabilitas tertinggi saat diduetkan dengan tiga tokoh tersebut.

Sebelumnya, survei Indikator mengungkapkan hasil serupa di mana Prabowo menjadi capres terfavorit untuk Pilpres 2024. Sementara itu, Sandi menduduki posisi sebagai cawapres terfavorit.

Survei itu dilakukan 2-6 November 2021. Jumlah total sampel sebanyak 1.220 orang responden. Sampel ditarik dengan metode multistage random sampling. Survei tersebut mengandung tingkat toleransi kesalahan plus minus 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Elektabilitas Prabowo unggul dalam berbagai simulasi. Prabowo hanya kalah dari Jokowi dalam simulasitop of mind.

"Kami belum menemukan kata bahwa Pak Prabowo ada di bawah nama Ganjar atau Anies," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam jumpa pers daring, Minggu (5/12).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan