Survei, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani Masuk 5 Besar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Ketua DPR RI Puan Maharani masuk lima besar berpotensi mendapatkan dukungan untuk menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Hal tersebuttergambar dari survei Populi Center yang diumumkan hari ini. 

Peneliti Populi Center Nurul Fatin Afifah menyampaikan dalam melakukan survei ini, pihaknya telah memaparkan lima tokoh yang berpotensi didukung dalam Pilpres 2024. Dia mengatakan, responden dalam survei ini ditanyakan tanggapannya atas kelima tokoh tersebut. 

Dari hasil temuannya, kata Nurul, Ganjar Pranowo mendapatkan persentase dukungan masyarakat yang paling tinggi, yaitu 58,3 persen. Di urutan kedua, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 57,3 persen. 

Di urutan ketiga, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 46,6 persen. Di urutan keempat, Menteri BUMN Erick Thohir 27,6 persen. Di urutan kelima, Ketua DPR Puan Maharani 17,5%. 

"Tentu walaupun Ganjar Pranowo itu muncul sebagai figur yang mendapatkan dukungannya paling kuat, jadi ini hanya sebagai potensi dukungan, jadi ini bukan elektabilitas. Karena ini masih bisa berkembang ke depannya," kata Nurul dalam paparannya, Senin (20/12/2021). 

Dia pun mengungkapkan alasan yang membuat pihaknya hanya menyajikan lima tokoh tersebut. Kata dia, nama Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto merupakan nama-nama tokoh yang paling populer. 

"Dan Erick Tohir itu adalah nama yang akhir-akhir ini mulai muncul. Sedangkan Puan Maharani itu adalah nama yang diperkirakan untuk 2024 itu adalah sebagai elite partai yang akan diusung," ujarnya. 

Adapun survei dilakukan melalui wawancara telepon terhadap sampel pemilik telepon. Responden dipilih secara acak dari populasi pemilih yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dari basis data populasi survei Populi Center sejak tahun 2013-2021. 

Survei itu dilakukan mulai 1 hingga 9 Desember 2021 yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling) dari kerangka sampling yang dimiliki Populi Center. 

Pengacakan responden dilakukan pada tingkat provinsi. Margin of error pada survei ini sebesar ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan