Syarat Perjalanan Libur Nataru: Vaksinasi Lengkap dan Wajib Tes Antigen

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan memperketat syarat perjalanan di masa libur Natal dan tahun baru (Nataru). Adapun untuk syarat pelaku perjalanan di masa libur Nataru, pelaku perjalanan diwajibkan untuk memenuhi persyaratan vaksin dua kali dosis dan harus menunjukan surat tes Antigen negatif 1x24 jam. 

“Selama Nataru, syarat perjalanan jarak jauh dalam negeri adalah wajib vaksinasi lengkap dan hasil antigen negatif maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan,” ujar Menko Luhut dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal Indonesia, Selasa (7/12/2021). 

Menko Luhut menambahkan, untuk orang dewasa yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap ataupun tidak bisa divaksin karena alasan medis, tidak diizinkan untuk bepergian jarak jauh. 

“Anak-anak dapat melakukan perjalanan, tetapi dengan syarat PCR yang berlaku 3x24 jam untuk perjalanan udara atau antigen 1x24 jam untuk perjalanan darat atau laut,” kata dia.

Dia menegaskan, untuk syarat perjalanan akan tetap diperketat, terutama di perbatasan untuk penumpang dari luar negeri. 

“Namun kebijakan PPKM di masa Nataru (Natal dan Tahun Baru) akan dibuat lebih seimbang dengan disertai aktivitas testing dan tracing yang tetap digencarkan,” ucapnya.

Di luar itu, Menko Luhut menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah memberi arahan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi anak. 

“Langkah ini untuk memberikan perlindungan termasuk mempertimbangkan penyebaran varian Omicron,” tuturnya.[inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan