Istana: Tidak Ada Timsus Pemilihan Kepala Otorita IKN

Kantor Staf Presiden (KSP) memastikan tidak ada tim khusus (timsus) untuk menyeleksi nama-nama calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pemilihan tersebut sepenuhnya menjadi hak prerogatif Presiden Joko Widodo. 

"Tidak ada tim seleksi khusus. Semua diserahkan kepada Presiden untuk menimbang dan memutuskan," ujar Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong kepada MNC, Kamis (27/1/2022). 

Wandy menegaskan bahwa pemilihan Kepala Otorita IKN menjadi kewenangan mutlak Presiden Jokowi. Sebab jabatan tersebut setingkat menteri. "Ya tentu menjadi hak prerogatif Presiden untuk memastikan," kata dia. 

Sejumlah nama kandidat Kepala Otorita IKN sudah bermunculan. Mulai dari Eks Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Eks Wali Kota Surabaya yang juga Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini alias Risma, hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Terkait nama-nama tersebut, KSP mengaku tidak masalah dengan mereka. "Bursa di publik ya boleh-boleh saja tentunya. Makin bany]ak nama-nama dengan reputasi yang baik, tentu makin bagus, " pungkas Wandy. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan