Giring Klaim Rakyat Masih Ingin Jokowi Pimpin RI namun Dibatasi Konstitusi

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha memutuskan mundur sebagai calon presiden 2024. Dia mengatakan keputusan mundur itu muncul setelah mendengar banyak rakyat yang masih menghendaki pemimpin seperti Joko Widodo (Jokowi)

"Ketika saya berbicara soal sosok pemimpin ideal, nama Pak Jokowi adalah sosok yang mendapatkan tempat di hati rakyat Indonesia, banyak sekali rakyat Indonesia yang ternyata masih menghendaki sosok Jokowi untuk memimpin Indonesia," kata Giring saat konferensi pers seperti disiarkan YouTube PSI, Kamis (24/2/2022).

Giring menemukan fakta di lapangan banyak rakyat ingin Jokowi kembali memimpin Indonesia. Namun, kata dia, keinginan itu tersandung oleh konstitusi.

"Ini adalah fakta di lapangan, sekaligus aspirasi masyarakat yang sangat mencintai Jokowi. Namun dibatasi oleh konstitusi bahwa presiden hanya bisa dijabat selama 2 periode," ucapnya.

Atas temuan itulah, lalu Giring akhirnya memutuskan dirinya belum layak untuk maju sebagai bakal calon di Pilpres 2024. Tak hanya itu, Giring juga menyebut pihaknya sempat turun ke lapangan untuk bertanya sosok pemimpin ideal.

Dia menegaskan rakyat kembali menyebut Jokowi pemimpin paling ideal. "Hasilnya seperti yang saya sampaikan di awal, bahwa Pak Jokowi masih paling banyak, masih paling banyak dicintai oleh rakyat Indonesia," imbuhnya.

Giring Mundur Pencapresan 2024

Untuk diketahui, Giring Ganesha sempat mencalonkan diri untuk maju sebagai calon presiden 2024. Kini Giring menarik kehendaknya itu dan memutuskan lebih berfokus mendorong para kadernya menuju kursi legislatif.

"Saya merasa bahwa tahun 2024 belumlah waktu bagi saya untuk maju sebagai calon presiden RI. Maka hari ini dengan penuh kesadaran saya H Giring Ganesha Jumaryo mengumumkan mundur dari pencalonan presiden RI. Terima kasih dukungan rakyat Indonesia, para donatur, para relawan selama beberapa bulan terakhir. Semoga kita semakin solid dan terus bergerak memperbaiki dan membangun Indonesia tercinta," ujarnya.

Giring menekankan kini akan lebih fokus untuk mempersiapkan para kadernya sebagai DPR RI. DPP PSI, menurut dia, akan berfokus pada Pileg 2024.

"Bersama kawan-kawan DPP PSI saya akan fokus pada perjuangan meloloskan PSI ke Senayan pada Pemilu 2024 nanti, menghantarkan lebih banyak lagi kader-kader kami ke kursi parlemen dan eksekutif," katanya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan