Ini Rahasia Prabowo Puncaki Survei Litbang Kompas

Litbang Kompas merilis survei yang merekam Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi sebagai bakal calon presiden 2024. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengungkap rahasia Prabowo Subianto bisa memuncaki survei elektabilitas Litbang Kompas.

"Saya pikir rakyat sudah cerdas, gaya Pak Prabowo yang nggak suka bikin gimik dan pencitraan justru menarik perhatian mereka. Karena (Prabowo) minim gimik, publik justru lebih terinformasi jika Pak Prabowo fokus kerja membenahi sektor pertahanan," kata Habiburokhman saat dihubungi, Rabu (23/2/2022).

Tak hanya itu, Habiburokhman menilai melesatnya elektabilitas Prabowo juga karena keputusannya bergabung ke dalam pemerintahan. Langkah ini, kata dia, mendapatkan banyak apresiasi dari masyarakat.

"Di sisi lain, bergabungnya Pak Prabowo di pemerintahan mendapat banyak apresiasi, terlebih di saat pandemi," ujarnya.

Anggota Komisi III DPR ini menyebut Prabowo juga ternyata membawa dampak positif setelah bergabung ke dalam pemerintahan. Menurutnya, pemerintahan terbukti bisa berjalan lebih efektif dan fokus dalam mengatasi persoalan.

"Pak Prabowo turut membawa dampak positif bagi stabilitas pemerintahan, sehingga pemerintah bisa berjalan efektif dan fokus mengatasi persoalan kebangsaan," ujarnya.

Dia lantas menyebut hasil survei elektabilitas ini semakin mengokohkan niat Partai Gerindra untuk mengusung Prabowo pada 2024. "Tentu ini menambah semangat kami untuk mengusung dan memenangkan beliau di 2024," kata Habiburokhman.

Untuk diketahui, Litbang Kompas merilis hasil survei terbaru elektabilitas tokoh bakal calon presiden 2024. Hasilnya, elektabilitas Prabowo naik dua kali lipat menjadi 26,5 persen, diikuti Ganjar Pranowo dengan 20,5 persen, yang jauh meninggalkan Anies Baswedan di angka 14,2 persen.

Survei Litbang Kompas digelar dari 17-30 Januari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Responden ditanya melalui wawancara tatap muka. Menggunakan metode tersebut, tingkat kepercayaan survei ini 95 persen dengan margin of error plus-minus 2,8 persen.

Hasilnya adalah sebagai berikut:
- Prabowo Subianto 26,5%
- Ganjar Pranowo 20,5%
- Anies Baswedan 14,2%
- Sandiaga Uno 4,9%
- Agus Harimurti Yudhoyono 3,7%
- Basuki Tjahaja Purnama 2,9%
- Ridwan Kamil 2,6%
- Tri Rismaharini 2,6%
- Andika Perkasa 2%
- Gatot Nurmantyo 1,4%
- Erick Thohir 1,1%
- Mahfud Md 1,1%
- Puan Maharani 0,6%
- Lainnya 4,1%
- Tidak ada/tidak tahu/rahasia 11,8%

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan