Jokowi: Setop Perang, Itu Menyengsarakan Umat Manusia!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerukan perang dihentikan. Jokowi mengatakan perang bakal membahayakan dunia.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi lewat akun Twitter seperti dilihat, Kamis (24/2/2022). Jokowi menyebut perang menyengsarakan manusia.

"Setop perang. Perang itu menyengsarakan umat manusia, dan membahayakan dunia," tulis Jokowi.

Tak dijelaskan lebih lanjut maksud pernyataan Jokowi itu. Namun seperti diketahui, saat ini perang terjadi setelah Rusia memutuskan menginvasi Ukraina.

Jokowi sebelumnya sempat bersuara mengenai ketegangan di Ukraina. Jokowi mengatakan upaya perdamaian harus dilakukan secara cepat.

"Saya memiliki pandangan yang sama dengan Sekjen PBB Antonio Guterres bahwa penanganan krisis Ukraina harus dilakukan secara cermat agar bencana besar bagi umat manusia bisa dihindarkan. Tetapi upaya perdamaian ini harus cepat dan tidak bisa ditunda-tunda," tulis Jokowi di akun Twitter-nya, Selasa (22/).

Pada Senin (21/2), Jokowi juga menyampaikan seruan tentang konflik di Ukraina. Jokowi meminta semua pihak yang terlibat menahan diri.

"Rivalitas dan ketegangan di Ukraina harus dihentikan sesegera mungkin. Semua pihak yang terlibat harus menahan diri dan kita semua harus berkontribusi pada perdamaian. Perang tidak boleh terjadi," tulis Jokowi di akun Twitter-nya.

Menurut Jokowi, ada yang lebih penting dilakukan di masa pandemi ini. Jokowi mengajak semua pihak untuk bekerja sama memulihkan ekonomi dunia.

"Saatnya dunia bersinergi dan berkolaborasi menghadapi pandemi. Saatnya kita memulihkan ekonomi dunia, mengantisipasi kelangkaan pangan, dan mencegah kelaparan," ujar Jokowi. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan