Jokowi soal IKN: Jangan Sampai Ada Anggapan Kita ke Sana Rusak Hutan

Presiden Jokowi memastikan pembangunan ibu kota negara baru di Kalimantan, Nusantara, tidak akan merusak lingkungan. Jokowi mengatakan desain IKN akan mengikuti sesuai dengan permukaan tanah yang ada.

"Sekali lagi kembali pada Ibu Kota Nusantara, karena di sana adalah perbukitan, berbukit-bukit, desainnya juga menyesuaikan dari bukit itu dari permukaan tanah yang ada, kemudian area tepian air juga akan dibuat senatural mungkin," kata Jokowi dalam sambutannya di acara peresmian NasDem Tower, Selasa (2/22/2022).

Jokowi mengatakan jangan sampai ada anggapan pembangunan IKN merusak hutan sekitar. Menurutnya, hutan yang sudah tidak layak justru akan diperbaiki nantinya.

"Ekosistem hutan yang ada sekarang ini ada beberapa yang sudah rusak justru akan kita rehabilitasi dan kita perbaiki. Jangan sampai ada sebuah anggapan kalau kita ke sana untuk merusak hutan," ujarnya.

Lagi pula, menurut Jokowi, dari total luas lahan sebesar 256 ribu hektare, tidak seluruhnya dipakai. Menurutnya, lahan pembangunan ibu kota hanya memakai 50 ribu hektare dan sisanya akan dijadikan lahan hijau.

"Yang kita pakai ini 256 ribu hektare, nantinya kurang-lebih 50 ribu hektare yang akan dipakai, sisanya yang 200 ribu hektare memang akan dibiarkan sebagai hutan hijau, yang jelek akan kita perbaiki yang tidak baik akan kita perbaiki," katanya.

Jokowi mengungkap hal yang akan dibangun pertama di Ibu Kota Nusantara dalam tempat persemaian dan pembibitan pohon. Dia mengatakan akan ada 29 juta bibit yang bakal dihasilkan tiap tahunnya.

"Dan yang kita bangun pertama di sana adalah nursery, tempat persemaian, pembibitan pohon yang produksinya setahun kurang-lebih 29 juta bibit. Nanti yang akan menjelaskan lebih detail adalah Bu Siti Nurbaya yang saat ini sudah bisikin ke saya, 'Pak Nurserynya hampir selesai', artinya yang kita kedepankan adalah sebuah kota yang sangat ramah lingkungan," ujarnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan