Kepala Otorita IKN Segera Dilantik, KSP Sebut Jokowi Siapkan Kejutan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera melantik kepala otorita IKN Nusantara. Kantor Staf Presiden (KSP) mengatakan Jokowi seolah menyiapkan kejutan.

"Saya juga belum tahu. Presiden sepertinya mau bikin kejutan," kata Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong kepada wartawan, Jumat (22/2/2022).

Wandy menjelaskan pengumuman kepala otorita IKN tidak mesti berbarengan dengan penerbitan Perpres. Yang pasti, kata Wandy, kepala otorita IKN mulai bekerja setelah ada Perpres mengenai otorita IKN.

"Bisa berbarengan sebetulnya dengan Perpres Otorita IKN. Tapi nggak ada keharusan itu. Yang jelas dia baru bisa bekerja efektif setelah Perpres Otoritanya diteken," ujar Wandy.

Selain itu, Wandy mengatakan wakil kepala otorita IKN tidak harus diumumkan bersamaan dengan kepala otorita. Dia mencontohkan posisi wakil kepala KSP.

"Nggak harus. Di KSP ada pos wakil kepala staf tapi sampai sekarang masih kosong," kata Wandy.

Jokowi sebelumnya memastikan kepala otorita IKN segera diumumkan. Pelantikan bakal digelar dalam waktu dekat.

"Ya mungkin, mungkin ini, minggu-minggu depan juga. Mungkin minggu-minggu depan akan kita lantik," kata Jokowi kepada wartawan, usai acara peresmian NasDem Tower, Selasa (22/2).

Jokowi tidak menyebut kriteria kepala otorita tersebut. Dia menegaskan kepala otorita akan berasal dari nonparpol.

"Nonparpol," ujarnya.

Untuk diketahui, Jokowi resmi menandatangani UU IKN pada Selasa (15/2). Ibu Kota Nusantara telah disepakati dalam bentuk satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus setingkat provinsi. Pemerintahan itu disebut Otorita IKN, yang diberikan untuk merespons perkembangan era digital saat ini dalam memudahkan pelaksanaan segala urusan pembangunan IKN. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan