Menkes Bawa Kabar Baik, Perayaan Lebaran Bisa Normal Lagi!

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membawa angin segar kepada masyarkat di tengah sebaran kasus Covid-19, utamanya varian Omicron di Indonesia.

Berbicara usai rapat terbatas evaluasi PPKM, Budi menyebut perayaan lebaran pada tahun ini bisa dilakukan secara normal dan berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, saat pandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan kalau ini hasilnya baik. Kalau pak Menko mengizinkan, ya lebaran kali ini kita bisa hadapi dengan berbeda," kata Budi, seperti dikutip Senin (28/2/2022).

Namun, Budi menggarisbawahi bahwa perayaan lebaran bisa dilakukan dengan normal selama penyuntikan vaksin dosis kedua dipercepat. Pasalnya sampai saat ini, masih banyak daerah yang belum mendapatkan vaksin dosis kedua.

"[Lebaran bisa dilakukan dengan normal] dengan kondisi bahwa harus dilakukan percepatan vaksinasi dosis kedua," kata Budi.

Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan, suntikan dosis pertama vaksin sudah mencapai 70%. Budi berharap, suntikan dosis kedua bisa menyamai jumlah suntikan dosis pertama.

"Diharapkan suntik keduanya juga bisa cepat ngejar 70% tersebut. Kalau bisa sebelum lebaran yaitu akhir April kita sudah selesaikan suntik dua dosis 70% dari populasi," katanya.

Kementerian Kesehatan sendiri memperkirakan kasus Covid-19 di tanah air akan menurun dalam kurun waktu sampai dua minggu ke depan.

"Sudah mulai melandai, seminggu menurun, tapi kita masih menunggu konsistensi penurunannya dalam dua minggu ke depan," kata Budi.[cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan