Survei IPO: Prabowo, Erick Thohir dan Risma Menteri Paling Berkinerja Baik

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi sosok menteri yang dianggap paling berkinerja baik oleh publik. Hal ini menjadi temuan survei yang dilakukan Indonesia Political Opinion (IPO). 

"Nama-nama yang dianggap baik itu linier dengan nama-nama yang populer. Semisal Prabowo Subianto dianggap sebagai menteri paling baik, teratas 81,3%," ujar Direktur IPO, Dedi Kurnia Syah dalam diskusi MNC Trijaya Network, Sabtu (26/2/2022). 

Di posisi selanjutnya, ada Menteri BUMN Erick Thohir dengan persentase sebesar 79,2%. Kemudian, Menparekraf Sandiaga Uno sebesar 74,6%. Selanjutnya Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dengan persentase sebesar 72,5%. "Ini adalah kelompok-kelompok menteri yang populer," ucapnya. 

Dedi pun menyoroti angka 62% kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) di bidang ekonomi ternyata tidak linier dengan kepuasan publik terhadap kinerja menteri di bidang ekonomi tersebut. 

"Faktanya kelompok ekonomi seperti Bu Sri Mulyani hanya menempati posisi persentase 42,8%. Airlangga Hartarto sendiri sebagai menteri ekonomi hanya 29,4%. Ini cukup rendah," tutur dia melanjutkan. 

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada periode 15-22 Februari 2022. Wawancara penelitian ini dilakukan melalui sambungan telepon kepada responden. Dari total populasi tersebut terdapat 7.200 responden yang memungkinkan untuk menjadi responden hingga terambil secara acak sejumlah 1.220 responden yang dijadikan informan dalam penelitian periode ini. 

Metode ini memiliki pengukuran kesalahan (margin of error) 2.90%, dengan tingkat akurasi data 95%. Setting pengambilan sample menggunakan teknik multistage random sampling (MRS), atau pengambilan sample bertingkat.[sindonews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan