Survei PWS: 5 Menteri Jokowi Berkinerja Terbaik, Prabowo Urutan Pertama

Lembaga Riset Political Weather Station (PWS) memaparkan hasil survei terkait lima menteri berkinerja terbaik pada Kabinet Indonesia Maju. Hasilnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menparekraf Sandiaga Uno masuk peringkat pertama dan kedua pilihan para responden.

"Paling pertama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 15,1 persen; kedua, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno dengan 14,5 persen," kata Direktur Riset PWS Mohammad Tidzi, saat memaparkan hasil surveinya secara daring melalui siaran pers diterima, Jumat (4/2/2022).

Pada peringkat ketiga, ada nama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dengan 13,5 persen, kemudian Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Menristekdikti) Nadiem Makarim dengan 11,1 persen, dan posisi kelima ada nama Menteri BUMN Erick Thohir 7,8 persen.

Tidzi menilai, munculnya Prabowo sebagai menteri terbaik dalam survei adalah hasil dari kekuatan akar rumput pendukungnya. Hal itu terbukti dari jawaban responden yang memjawab secara langsung saat ditanyakan siapa menteri terbaik menurut versi mereka.

"Hampir kebanyakan masyarakat kita di lapangan mereka ketika disodorkan (pertanyaan siapa) menteri terbaik, (langsung menjawab) Prabowo. Kenapa Prabowo? Karena momentum pilpres (yang lalu) di akar rumput kuat. (Jadi) ketika ditanya seorang menteri, ya, dijawab Pak Prabowo. Itu, kan, terbukti juga ditanya dalam beberapa survei," tandas Tidzi.

Urutan Selanjutnya

Daftar Urutan Menteri Hasil Survei PWS

6. Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini 7,8 persen

7. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi 4,5 persen

8. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono 4,5 persen

9. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian 2,5 persen

10. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud Md 2,1 persen

11. Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto 1,5 persen

12. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali 1,4 persen

13. menteri-menteri lainnya 3,8 persen

Survei PWS dilakukan pada 13 sampai 23 Januari 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah sampel dalam survei PWS ada 1.421 responden yang diperoleh melalui teknik pencuplik-an secara rambang berjenjang atau multi-stage random sampling.

Survei memiliki margin of error sebesar +/- 2,6 persen dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan responden dengan bantuan aplikasi google form. [liputan6.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan