Hal Ini Jadi Pertimbangan Utama Jokowi Pilih Kepala Otorita IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mengumumkan Kepala Otorita IKN Nusantara. Profesionalisme menjadi pertimbangan utama Jokowi dalam memilih Kepala Otorita IKN Nusantara.

"Penekanannya di profesionalisme mengingat tantangan kompleksitas pembangunan IKN," kata Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong, Selasa (8/3/2022).

Wandy menjelaskan, Kepala Otorita IKN juga harus mampu mengoordinasikan sejumlah pemangku kepentingan dalam pembangunan IKN. Ada sejumlah kementerian/lembaga yang terlibat dalam fase awal pembangunan IKN hingga pemerintahan daerah di sekitar lokasi IKN.

"Karena pembangunan IKN tak bisa dipisahkan dari wilayah sekitarnya dalam sebuah rancangan tata ruang yang terintegrasi," ujar Wandy dalam keterangan tertulis.

Selain itu, kata Wandy, Presiden Jokowi mempertimbangkan kemampuan komunikasi dengan sejumlah pihak, termasuk masyarakat setempat dan para ahli.

Lebih lanjut, Wandy memastikan Otorita IKN bisa langsung beroperasi setelah aturan turunan IKN terbit, terutama Perpres tentang Otorita IKN dan Keppres tentang pengangkatan Kepala Otorita IKN.

"Ini sangat dimungkinkan sekali. Karena pada fase awal pembangunan IKN, kementerian yang relevan dengan pembangunan infrastruktur yakni KemenPUPR akan membantu pembangunan fisik IKN di bawah koordinasi Kepala Otorita IKN," jelas Wandy.

Pelantikan Kepala Otorita

Pada akhir pekan lalu, Wandy memberi sinyal soal pelantikan Kepala Otorita IKN Nusantara. Selain itu, dia mengatakan rancangan susunan Otorita IKN saat ini masih dimatangkan.

"Lagi menunggu juga. Mudah-mudahan minggu ini. Tapi saya belum bisa memastikan," kata Wandy, Minggu (6/3). [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan