Jokowi Berkemah di IKN, Paspampres Sebar Garam-Siapkan Anti Bisa Ular

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkemah di titik nol IKN Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim). Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menyiapkan sejumlah pengamanan di sekitar tenda yang akan digunakan Jokowi, seperti menebar garam hingga bisa anti ular.

Dalam jumpa pers virtual yang disiarkan Sekretariat Presiden, Minggu (13/3/2022), Danpaspampres Mayjen Tri Budi Utomo awalnya memaparkan bahwa protokol kesehatan (prokes) tetap dijaga ketat. Tri mengatakan semua orang yang akan mendekat ke Presiden Jokowi harus dites swab terlebih dahulu.

"Semua personel yang masuk ke IKN harus melalui swab. Jadi prokes tetap kita laksanakan di sana. Meskipun itu tempatnya ada di sekitaran hutan dan udara cukup, tapi itu sudah jadi protap bagi kami. Siapapun yang merapat di sekitaran Bapak Presiden harus melakukan prokes dengan ketat," ujar Tri.

Selain itu, Tri menyampaikan foging sudah dilakukan di area kemah untuk mencegah penyakit malaria. Tri menyebut garam dan bisa anti ular juga disebar di luar tenda untuk memastikan tidak ada binatang melata.

"Dilaksanakan pencegahan khususnya malaria yaitu sudah difoging di sana. Kemudian keamanan lainnya di sekitaran tenda-tenda terutama di sekitaran VIP sudah kita sebarkan juga seperti garam dan sebagainya untuk antisipasi binatang melata. Dan itu pun juga kita siapkan bisa anti ular yang juga akan berguna. Namun mudah-mudahan tak terpakai dan kita semua dalam keadaan aman," tuturnya.

Sementara itu, Tri mengharapkan jajaran TNI-Polri bisa menjaga kawasan ring 2 dan ring 3 di sekitar Jokowi akan berkemah, sedangkan ring 1 ada dalam ranah Paspampres. Dia ingin keamanan Presiden Jokowi sangat terjamin.

"Kemudian juga untuk keamanan dari lingkaran yang luar kita sudah koordinasi ketat dengan pangdam dan kapolda, mudah-mudahan ring 2 dan 3 ini sudah tercover. Sehingga keamanan ring 1 bisa sangat menjamin untuk keamanan beliau," imbuh Tri.

Seperti diketahui, seluruh gubernur di Indonesia diundang oleh Presiden Jokowi datang ke titik nol IKN Nusantara. Mereka juga diminta membawa air dan tanah dari daerah masing-masing.

Di titik nol IKN akan digelar ritual Kendi Nusantara, yang mana kendi tersebut merupakan wadah penyimpanan seluruh air dan tanah yang dibawa oleh para gubernur dari masing-masing daerahnya. Kegiatan tersebut akan digelar besok.

Presiden Jokowi sendiri akan berkemah di titik nol IKN Nusantara besok hingga Selasa (15/3). Malam ini, Presiden Jokowi akan memberikan pengarahan kepada para gubernur dan wakil gubernur yang hadir. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan