Jokowi Berkemah di IKN Pekan Depan, Gubernur Se-Indonesia Bawa Air dan Tanah serta Kenakan Pakaian Adat

Gubernur dari 34 provinsi di Indonesia akan berkumpul di ibu kota negara (IKN), Sepaku, Kalimantan Timur (Kaltim), bersamaan dengan rencana Presiden Jokowi berkemah di titik nol IKN, pada 13 dan 14 Maret 2022.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim HM Syafranuddin mengatakan, saat berkumpul nantinya, semua gubernur diminta membawa satu liter air dan dua kilogram tanah dari masing-masing provinsi ke lokasi IKN.

Air dan tanah nantinya akan dimasukan ke dalam kendi bernama Kendi Nusantara yang terbuat dari tembaga.

Ivan, sapaan HM Syafranuddin mengatakan, khusus untuk Kaltim, air dan tanah akan diambil dari lokasi dua kesultanan yakni Kesultanan Kutai di Lama Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Paser.

"Kebetulan wilayah IKN Nusantara ini kan sebagian wilayah Kesultanan Kutai dan Kesultanan Paser. Jadi itu simbol mewakili kesultanan yang ada di Kalimantan Timur," terang pria yang juga Juru Bicara Gubernur Kaltim, saat dihubungi, Jumat (11/3/2022).

Selain itu, di hari H, gubernur se-Indonesia juga diminta untuk menggunakan pakaian adat masing-masing daerah.

Persiapan berkemah

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, saat ini semua persiapan sarana pendukung menjelang hari H telah matang.

Meliputi jaringan listrik, telekomunikasi, persedian air bersih, hingga tenda dan perlengkapan inap Jokowi.

“Nanti hari H semua persiapan sudah 100 persen,” kata dia, dikutip keterangan tertulis Humas Setprov Kaltim, Jumat (11/3/2022).

“Namun, rencananya gubernur yang akan menginap saat kemah bersama presiden hanya lima gubernur se-Kalimantan, yakni Gubernur Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara," ungkap Isran.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi direncanakan melakukan ritual syukuran pembangunan IKN sekaligus memberi arahan kepada para gubenur yang hadir. [kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan