Luhut Dirangkul MBS Putra Mahkota Saudi, Bahas IKN Nusantara

Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) bertemu dengan Mohammed bin Salman (MBS), Sang Pangerang Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi. Mereka membahas pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pertemuan itu diungkap Luhut di akun Instagram-nya, seperti dilihat Jumat (4/3/2022). Luhut mengatakan inilah pertama kalinya dia bertemu MBS di Saudi.

"Dalam menjalin hubungan baik dengan siapapun, kesan pertama haruslah dibuat sebaik mungkin. Memang ini bukan kali pertama saya diberi tugas oleh Presiden Joko Widodo untuk berkunjung ke Arab Saudi, namun ini adalah kali pertama saya diterima dengan begitu hangat oleh Putra Mahkota Kerajaan, Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz atas undangan langsung dari beliau," kata Luhut.

Luhut juga membagikan foto momen pertemuannya dengan Pangeran Mohammed bin Salman. Dalam foto itu, Luhut mengenakan jas dirangkul Pangeran Mohammed bin Salman, dan keduanya memberikan senyum.

Nampak di foto yang diunggah Luhut, MBS merangkul Luhut dengan tangan kanannya. MBS tidak mengenakan kain penutup kepala (kefiyeh/kufiya).

Luhut merasa senang ketika disambut langsung oleh Pangeran Mohammed bin Salman di Riyadh. Luhut mengatakan RI dan Arab Saudi bersepakat untuk memperkuat lagi hubungan bilateral.

"Saya juga menceritakan betapa Indonesia saat ini sudah banyak kemajuan, selain saat ini kami sedang bersiap-siap untuk pembangunan Ibu Kota Negara Baru, saya juga sampaikan bahwa kami sangat terbuka dengan kerja sama dalam hal energi baru dan terbarukan hingga kerjasama dalam hal pelestarian lingkungan hidup. Satu hal ucapan terlempar setelah pertemuan selesai dimana Putera Mahkota menyebut 'Bila Indonesia maju maka Arab Saudi juga maju'," ucap Luhut.

Pada kesempatan itu, Luhut juga bertemu dengan Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Al-Falih dan beberapa CEO perusahaan Arab Saudi. Pertemuan itu membahas realisasi sejumlah rencana investasi perusahaan asal Arab Saudi di Indonesia.

"Ditengah pertemuan saya sampaikan keinginan saya agar potensi investasi dari pihak Kerajaan Arab Saudi dan peluang investasi Indonesia di Arab Saudi bisa berjalan beriringan," ujarnya.

Di akhir pertemuan, Luhut menyampaikan pesan khusus dari Presiden Jokowi kepada pihak Kerajaan Arab Saudi agar mereka berkenan hadir pada pertemuan Presidensi G-20 yang akan digelar di Bali nanti.

"Bak gayung bersambut, ternyata Putra Mahkota memang sudah berencana untuk berkunjung ke Indonesia dan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat dalam rangka tindak lanjut segala hasil pertemuan yang terselenggara hari ini," imbuhnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan