Survei: Pemilih PDIP Lebih Dukung Ganjar Pranowo Nyapres Ketimbang Puan

Ganjar Pranowo unggul jauh dari Puan Maharani sebagai calon presiden (capres) potensial 2024 di kalangan pemilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Hal itu berdasarkan hasil survei lembaga Indopol yang dilakukan pada 18-25 Januari 2022. 

Direktur Indopol Survey Jatim Fauzin mengatakan ada 44,88 persen pemilih PDIP yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Sedangkan pemilih PDIP yang mendukung Puan Maharani hanya 0,99 persen. 

"Di pemilih PDIP, Puan Maharani yang digadang bukanlah pilihan, tidak sampai 1%. Melainkan Pak Ganjar yang dapat suara yang lumayan besar," kata Fauzin dalam paparan rilis survei yang dipublikasi melalui YouTube dikutip pada Sabtu (5/3/2022).

Fauzin mengungkapkan berdasarkan temuan survei, pemilih suatu parpol belum tentu memilih capres yang berasal dari parpol pilihannya. Kecuali pemilih Gerindra yang konsisten mendukung Prabowo Subianto.

Kemudian, pemilih Partai Demokrat menginginkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sementara itu, pemilih partai lain tidak memiliki keyakinan yang sama. Mayoritas cenderung mendukung Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo. 

"Misal pemilih Golkar, Pak Anies lebih diinginkan daripada Airlangga. Bagi pemilih PKB, baliho Cak Imin masih seangan-angan pengurus sendiri karena pemilih lebih ke Pak Ganjar. Pemilih NasDem dan PKS lebih terpikat pada Anies," katanya. 

Adapun survei ini melibatkan 1.230 responden yang sudah berumur 17 tahun atau sudah menikah. Metode yang digunakan dalam survei dilakukan dengan cara multistage random sampling. 

Jumlah responden tiap provinsi Indonesia diambil secara proporsional berdasarkan proyeksi jumlah penduduk Indonesia tahun 2020. Margin of error survei ini sekitar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara para responden digelar secara tatap muka. [sindonews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan