Wow, Diam-diam RI Ekspor Produk Komponen Sepeda ke Singapura

Tren gowes bukan hanya terjadi di dalam negeri. Melainkan juga di negeri tetangga Singapura.

Indonesia pun kelimpahan berkah dengan mengekspor produk komponen sepeda. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga melepas PT Shimano Batam itu ke Singapura pada pekan lalu.

"Pelepasan ekspor produk komponen sepeda ini menunjukkan tren bersepeda tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di dunia. Tren ini tidak hanya memberikan dampak positif terhadap kesehatan masyarakat, tetapi juga membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia dalam mendorong ekspor komponen sepeda," jelasnya dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (1/3/22).

Berdasarkan data Trademap, Singapura menjadi pasar utama tujuan ekspor produk komponen sepeda. Selain itu, peluang pasar produk komponen sepeda Indonesia lainnya adalah pasar Amerika Serikat (AS) yang baru dimanfaatkan sebesar US$ 16 juta dengan potensi yang belum dimanfaatkan sebesar US$ 47 juta.

Selain pasar AS, Vietnam memiliki potensi yang belum dimanfaatkan sebesar US$ 26 juta. Jerman pub memiliki potensi yang belum dimanfaatkan sebesar US$ 25 juta.

"Sebagai program peningkatan ekspor nasional, Pemerintah Indonesia, baik di pusat maupun di daerah, akan terus mendorong peningkatan nilai ekspor dari sektor industri. Kemendag juga akan terus mendorong terciptanya nilai tambah produk ekspor Indonesia serta perluasan pasar ke negara-negara mitra," ujar Jerry.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), tren ekspor komponen sepeda dari Indonesia ke dunia pada 2017-2021 mengalami tren positif sebesar 13,54%.  Dengan nilai pertumbuhan ekspor 2020-2021 sebesar 62,55% dengan nilai US$ 1,12 miliar.[cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan