Jokowi dan Prabowo Kompak Pakai Blangkon, Begini Cerita di Baliknya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menhan Prabowo Subianto kompak mengenakan blangkon saat peresmian Bandara Trunojoyo, Kabupaten Sumenep. Blangkon itu rupanya dibeli sebelum keduanya menghadiri acara.

Dilihat dari tayangan video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/4/2022), Jokowi bersama sejumlah menteri menuju stan kerajinan lokal khas Madura. Mereka yang hadir di antaranya Menhan Prabowo Subianto, Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Menhub Budi Karya Sumadi.

Jokowi kemudian membeli dua kain batik dan satu udeng blangkon. Jokowi langsung memakai blangkon tersebut.

"Langsung saya pakai," kata Jokowi.

Setelah itu, Prabowo juga membeli blangkon yang sama dengan Jokowi. Prabowo sempat mencoba terlebih dahulu blangkon tersebut di depan para menteri.

"Pas nggak, nggak kekecilan?" kata Prabowo.

"Pas, merasa nyaman nggak?" timpal Pratikno.

"Ukurannya berapa, Pak Prabowo, kepala?" kata Erick Thohir ikut menimpali.

"9,5" jawab Prabowo.

"Tapi ini oke lah, ya? kecilnya nggak terlalu kecil," sambung Prabowo.

Prabowo akhirnya selesai memilih blangkon di stan kerajinan lokal khas Madura tersebut. Setelah itu, Pratikno memberi tahu Jokowi bahwa Prabowo membeli blangkon yang sama. Prabowo kemudian hormat ke arah Jokowi.

Keduanya pun menggunakan udeng blangkon yang baru saja dibelinya pada acara peresmian Bandar Udara Trunojoyo.

Jokowi Resmikan Bandara Trunojoyo

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan Bandara Trunojoyo siap dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Pulau Madura dan sekitarnya. Jokowi mengatakan bandara ini sangat penting untuk meningkatkan konektivitas.

"Bandara ini juga akan memangkas waktu tempuh dari pulau-pulau di sekitar pulau Madura yang jika menggunakan kapal memerlukan waktu berhari-hari dan sekarang dengan menggunakan pesawat hanya perlu satu jam saja," ujar Jokowi.

Jokowi yakin konektivitas yang semakin baik dapat memudahkan mobilitas masyarakat. Selain itu, Jokowi berharap bakal muncul titik-titik perekonomian baru.

"Dan saya minta agar bandara ini dimanfaatkan dan dijaga sebaik-baiknya dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing daerah, menggerakkan perekonomian masyarakat agar membuat masyarakat lebih sejahtera," ujar Jokowi. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan