Lengkap! Ini Daftar Rute Mudik Gratis Kemenhub 2022

Kementerian Perhubungan menyiapkan mudik gratis tahun ini. Pendaftaran akan dibuka mulai minggu depan. Ini rutenya.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyatakan rute yang akan dibuka untuk mudik gratis tahun ini akan menuju ke beberapa kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Dia bilang pihaknya tak bisa membuka banyak rute karena persiapan mudik gratis hanya sebulan dan anggarannya pun lebih kecil dari biasanya.

"Untuk tujuannya, karena memang anggaran tidak besar dan kita persiapan juga satu bulan ini saja maka hanya mengarah Jawa Barat dan Jawa Tengah," ungkap Budi dalam konferensi pers virtual, Jumat (8/4/2022).

Budi menjabarkan sejauh ini rute yang akan dibuka untuk tujuan ke Jawa Barat hanyalah dari Jakarta ke Cirebon, Tasik, dan Garut. Sementara untuk rute di Jawa Tengah menuju Tegal, Semarang, Kudus, Solo, Wonogiri, Purworejo, Purwokerto, hingga Cilacap.

Untuk armadanya, Budi menjelaskan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub menyiapkan 350 bus yang akan mengangkut 10.500 penumpang.

Jumlah itu dibagi dua, untuk masa arus mudik ada 270 bus yang operasi dengan total kapasitas 8.100 penumpang dan arus balik sebanyak 80 bus dengan kapasitas 2.400 penumpang.

Pihaknya juga akan menyiapkan angkutan motor gratis bagi pemudik yang ingin membawa motor. Namun, jumlahnya terbatas hanya sebesar 34 unit truk dengan kapasitas 34 unit. Saat arus mudik akan ada 17 truk yang beroperasi mengangkut 510 motor, jumlah yang sama juga berlaku saat arus balik.

Jadwalnya, kemungkinan mudik gratis yang dikoordinir Ditjen Perhubungan Darat akan mulai berangkat mulai tanggal 27-29 April 2022. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan