Tito Ungkap Ekspresi Jokowi Saat Dengar Teriakan '3 Periode' di Acara Apdesi

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian buka suara soal heboh teriakan 'Jokowi 3 periode' di acara Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) pimpinan Surta Wijaya. Dia mengatakan peristiwa itu bukan bagian dari agenda acara.

"Kalau yang ikut acaranya, itu kan seperti itu, ada jadi pengantar dari saya, itu arahan Presiden, menanggapi aspirasi itu, setelah itu selesai, acara tutup," kata Tito kepada wartawan, Jumat (1/4/2022).

Tito mengatakan teriakan 'Jokowi 3 periode' itu muncul saat Presiden Jokowi hendak meninggalkan lokasi acara. Dia mengatakan Jokowi saat itu hanya tersenyum.

"Nah, pada saat beliau keluar mau menuju kendaraan, ada beberapa yang... biasalah rame, pengin foto segala macam. Sambil jalan, melayanilah foto dan lain-lain. Ada yang teriak, 'Pak Jokowi 3 periode', Jokowi senyum saja," ujarnya.

Tito mengatakan agenda Apdesi bukan agenda dukungan penundaan pemilu. Dia menyebut agenda itu hanya membahas urusan pemerintahan desa.

"Nggak, itu salah. Saya hadir di sana, pertemuan itu lebih pada rekan-rekan Apdesi itu sudah lama mereka audiensi ke saya, ke mana-mana, DPR juga. Pada saat mereka musyawarah nasional (munas) juga mendengarkan aspirasi saat pelantikan, saya lantik di DPR," katanya.

Tito menyebut ada beberapa poin aspirasi yang dibahas di agenda itu, di antaranya terkait gaji, lalu dana APBDes, dana bantuan langsung tunai dan keinginan stempel dengan gambar garuda.

"Ya mungkin aspirasi mereka ini, demokrasi, negara demokrasi orang mau menyuarakan apa saja, namanya aspirasi," katanya.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan