Wiranto Ungkap Alasan Temui BEM Nusantara, Terkait Demo 11 April?

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Wiranto, menerima perwakilan mahasiswa dari BEM Nusantara di kantornya. Wiranto kemudian menjelaskan alasan kenapa dirinya menerima BEM Nusantara itu.

"Kita tidak milih-memilih, tapi yang hari ini siap adalah BEM Nusantara tentu dengan BEM yang lain bersedia kita terbuka untuk berdialog dengan siapa saja karena komunikasi tadi karena penting di antaranya pemerintah dan masyarakat," kata Wiranto di Kantor Wantimpres, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (8/4/2022).

Wiranto mengatakan pihaknya siap berkomunikasi dengan masyarakat mengenai berbagai isu. Dia menambahkan, adalah tugas Wantimpres untuk mendengarkan masukan dari masyarakat.

"Tentu kami bagian dari pemerintah kita siap untuk berkomunikasi dengan siapa pun apalagi di Dewan Pertimbangan Presiden tugasnya memang mendengar, melihat yang terjadi di lapangan, kemudian kita olah menjadi bahan untuk memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden Republik Indonesia, Bapak Jokowi," tuturnya.

Pertemuan Terkait Demo 11 April?

Wiranto kemudian menjelaskan apakah pertemuannya dengan BEM Nusantara itu terkait dengan rencana demo 11 April mendatang. Diketahui mahasiswa berencana akan menggelar demo pada 11 April nanti.

"Masalah yang menyangkut rencana demo, nah begini, kita tidak, demo kan tidak dilarang, Saya pun tidak berhak melarang demo. Tetapi tatkala kita menyampaikan bahwa kalau kita berdemonstrasi tentang sesuatu yang tidak mungkin terjadi dan sudah dijawab bahwa yang menjadi tuntutan itu tidak mungkin terjadi untuk apa demo, bukan melarang tapi kan kita berkomunikasi," tutur Wiranto saat menjawab pertanyaan apakah pertemuan itu terkait demo.

Wiranto menyinggung perihal demo dan bulan Ramadan. Dia menyebut alangkah baiknya persoalan yang akan didemokan itu dibicarakan dan dikomunikasikan.

"Ini bulan puasa, bulan suci Ramadan kita prihatin saling maaf- memaafkan. Kita berpuasa tentunya kita lebih arif untuk bisa menyikapi hal-hal yang memang bisa kita bicarakan kita komunikasikan dengan baik dan sekarang kita sudah memulai berkomunikasi," katanya.

"Ketimbang panas-panas di jalan lebih baik kita bicara di ruangan yang adem ngomong bicara kira-kira bagaimana sih, tapi pasti pemerintah akan mendengarkan pasti itu ya, tidak mungkin tidak mendengarkan," imbuhnya.

Rencana Demo 11 April

Ajakan demo 11 April 2022 beredar di lini masa. Seruan demonstrasi tersebut mengatasnamakan mahasiswa hingga #STMBergerak.

Dalam keterangan gambar, seruan demo itu memuat rencana aksi dengan berbagai tuntutan. Ajakan demo ini disertai dengan tagar #TolakKenaikanBBM hingga #TurunkanJokowi.

Ada pula ajakan demo "#STMBergerak Se-Jabodetabek Tanggal 11 April 2022 Pukul 13.00-Menang di Istana Negara".

Menanggapi hal ini, Kabid Humas Polda Metro Jaya Komes Endra Zulpan mengatakan pihaknya sejauh ini belum menerima permohonan demonstrasi dari kelompok manapun.

"Sampai saat ini Polda Metro belum terima permohonan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum oleh kelompok manapun," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan kepada wartawan, di Jakarta Barat, Kamis (7/4). [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan