Golkar-PAN-PPP Sepakat Bentuk Koalisi 'Bertiga Bersatu' di Pemilu 2024

Ketua Umum (Ketum) Golkar, Airlangga Hartarto, bertemu dengan Ketum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Ketum PPP, Suharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat. Ketiganya sepakat membentuk koalisi politik untuk ajang Pemilu 2024.

Airlangga mengatakan pertemuan itu mendorong Golkar, PAN serta PPP untuk bersatu. Dalam artian, ketiga partai itu akan bekerja sama bekerja sama dalam ajang Pemilu 2024.

"Pertemuan ini tentu akan mendorong bahwa 3 partai ini akan bekerja sama bersama atau akan bersatu," ucap Airlangga Hartarto kepada wartawan, Kamis (12/5/2022).

"Jadi ini merupakan kumpulan pengalaman bersama. Tentunya kita akan bekerja sama ke depan untuk mengawal agenda-agenda politik ke depan, termasuk dalam Pemilu nanti di 2024," sambung Menko Perekonomian tersebut.

Airlangga mengungkap nama koalisi itu 'bertiga bersatu'. Bertiga yang bersatu itu, kata Airlangga, adalah beringin, matahari dan ka'bah seperti logo ketiga partai.

"Jadi insyallah namanya bertiga bersatu, jadi bertiga bersatu, bersatunya itu adalah beringin, matahari dan ka'bah," jelasnya.

Sementara itu, Zulhas mengungkapkan PAN berkemungkinan akan menjalin koalisi dengan Golkar dan PPP saat Pemilu 2024. Zulhas berharap pertemuan itu dapat menjadi langkah awal untuk bekerja sama.

"Insyaallah (koalisi di Pemilu 2024). Gagasan yang kita bangun Golkar, PPP dan PAN mudah-mudahan ini jadi awal bagi nanti teman-teman lain bersama-sama membangun negeri," terang Zulhas.

Dalam kesempatan yang sama, Suharso secara terang-terangan menyebut pertemuan itu menghasilkan koalisi ketiga partai politik. Bahkan, Suharso berkata masih ada kemungkinan untuk menambah koalisi baru demi menyongsong Pemilu 2024.

"Iya (bikin koalisi). Insyaallah. Kemungkinan pastilah (nambah partai koalisi)," kata Suharso.

Lebih lanjut, Suharso menyatakan Golkar, PAN dan PPP ingin menunjukkan langkah lebih yang lebih awal dari partai politik untuk Pemili 2024. Di mana, ketiganya disebut Suharso akan saling memperkuat satu sama lain.

"Kita ingin menunjukkan atau mendemostrasikan sebuah kerja sama yang jauh lebih awal dan lebih cantik itu antar sesama partai politik untuk saling mengisi dan untuk saling memperkuat kebersamaan," papar Kepala Bappenas itu.

Airlangga Pamer Slogan 'Bersatu'

Sebelumnya, Airlanggar Hartarto bertemu dengan Zulkifli Hasan dan Suharso Monoarfa. Dalam kesempatan itu, sambil berpegangan tangan ketiganya pamer slogan 'Bersatu'.

"Kita ini bertiga dan 'Bersatu', koalisi mempererat persatuan untuk melanjutkan pembangunan, nah 'Bersatu' adalah beringin, surya alam, dan baitullah," kata Airlangga kepada wartawan, Kamis (12/5).

Airlangga menjelaskan, slogan itu menganalogikan logo pohon beringin Golkar yang disinari matahari. Tujuannya, menurut Airlangga, untuk mendapat ridho dari Tuhan.

"Jadi kalau pohon beringin harus disinari oleh matahari dia akan menjadi hijau dan kalau sudah tumbuh kita sama-sama membangun dan melanjutkan mendapatkan ridho Allah SWT," ucap Airlangga. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan