Alasan Dharmapala Nusantara Tetap Akan Laporkan Roy Suryo ke Polisi

Dharmapala Nusantara tetap akan mempolisikan Roy Suryo soal unggahan meme patung Buddha Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo. Apa alasannya?

"Kenapa melaporkan Bapak Roy Suryo atau pemilik akun dari KRMT Roy Suryo 2? Karena beliau termasuk bagian dari yang menyebarkan gambar yang berpotensi memecah belah dan membuat keresahan di masyarakat ini," kata Ketua Umum Dharmapala Nusantara, Kevin Wu, melalui akun Instagram Dharmapala Nusantara, Jumat (17/6/2022).

Kevin menjelaskan pelaporan ini dilakukan juga agar tercipta kejelasan hukum di Indonesia. Selain itu, juga untuk menjaga ketentraman di Indonesia.

"Agar tercipta kejelasan hukum yang ada di Indonesia. Yang kedua menjaga ketentraman karena telah terjadi keresahan dan potensi perpecahan di masyarakat. Oleh karena itu kami melakukan inisiatif seperti itu," tuturnya.

Kevin juga menuturkan pelaporan ini dilakukan agar menjadi pembelajaran semua pihak. Dharmapala Nusantara, lanjutnya, juga meminta pihak kepolisian untuk mengusut tuntas siap yang mengedit foto tersebut.

"Tentu kami juga akan meminta pihak kepolisian untuk mengusut tuntas siapa pelaku-pelaku yang melakukan pengeditan ini. Saya rasa ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua agar tetap menjaga kerukunan, toleransi dan saling menghormati di masyarakat," ungkap Kevin.

Lebih lanjut, Kevin Wu menilai diunggahnya meme patung Buddha Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan sengaja itu tidak patut dilakukan. Sebab, Presiden Jokowi merupakan kepala negara dan patung Buddha merupakan simbol suci.

"Wajah Pak Presiden yang merupakan kepala negara kita tentu hal ini tidak elok dan tidak baik. Kalau dimaksud berupa kritikan tentu ini tidak berhubungan dengan kritikan yang dimaksud. Yang kedua, tentu hal ini menyinggung dari simbol agama yang diakui negara. Di mana simbol-simbol suci ini hendaknya tidak disandingkan atau tidak diedit dengan tujuan apalagi untuk menghina," papar dia.

Roy Suryo Minta Maaf

Roy Suryo sudah buka suara setelah unggahan meme patung Buddha Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Jokowi menimbulkan polemik. Roy Suryo mengaku menyesal dan meminta maaf atas postingannya itu.

"Saya kebetulan memang belum dapat nomor dari Wu (Kevin Wu). Kalau ada, saya juga ingin menyampaikan klarifikasi dan sekaligus dengan rasa tanggung jawab saya yang besar dengan sepenuh hati yang paling dalam, saya minta maaf kepada semua umat Buddha atau masyarakat yang mungkin terkena imbasnya," kata Roy Suryo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Roy Suryo mengaku tidak punya niat melecehkan umat Buddha dengan postingannya itu. Roy Suryo sendiri telah menghapus postingannya itu setelah menyadari unggahannya itu telah menimbulkan polemik.

"Gara-gara ada provokasi dan tidak ada satu niat pun saya melakukan itu. Sekali lagi, kepada semua umat Buddha, memang saya akui ketika itu terjadi, saya memang menyesal juga karena ini sudah mencederai sebagian dari masyarakat Indonesia, terutama umat Buddha," jelasnya.

Mantan Menpora itu mengatakan ada buzzer yang memprovokasi yang ingin menggiring opini seolah-olah ia yang mengedit stupa Candi Borobudur tersebut. Adapun saat itu Roy Suryo mengaku memposting meme itu setelah di-mention oleh seseorang.

"Jadi kenapa saya berkomentar, karena saya di-mention. Jadi bukan nggak alasan, karena saya di-mention saya jawab mention ini dengan menghaluskan, karena dia kritik dengan gambar. Saya kritik dengan kata-kata, bukan dengan gambar bahwa 'kenaikan tarif Candi Borobudur pokoknya kita protes'," jelasnya.

Roy Suryo mengakui memang memposting meme patung Budha Candi Borobudur tersebut. Akan tetapi bukan dia yang membuat meme itu.

"Itu yang saya komentar, jadi saya komentar netizen yang lakukan rekayasa kalau saya sebut itu kreativitas terhadap ini. Makanya saya katakan 'ambyar', kalau ada emoticon itu biasa saya lakukan emoticon biasa. Jadi saya lakukan itu semua tanggal 10 Juni mumpung ini weekend, 10 Juni itu Jumat," katanya.

Dalam kesempatan itu, Roy Suryo juga melaporkan tiga akun yang pertama mengunggah meme patung Buddha yang diedit mirip wajah Jokowi itu. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan