Jokowi Bicara soal Penerusnya: Siapa Pun Terserah, Asal Lanjutkan Program!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menangkap maksud teriakan 'lanjutkan' di forum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) sebagai pesan untuk melanjutkan program-program pemerintahan sebelumnya. Jokowi menyatakan siapa pun yang menjadi pemimpinnya, itu tak jadi masalah.

"Tapi saya nangkap yang dimaksud lanjutkan itu adalah programnya, pemimpinnya siapa pun terserah. Tapi yang dilanjutkan adalah programnya. Supaya ada kontinuitas supaya ada keberlanjutan," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam acara perayaan 50 tahun Hipmi seperti dilihat secara virtual, Jumat (10/6/2022).

Jokowi tidak ingin program pemerintah berjalan di tempat karena tidak ada spirit keberlanjutan. Jokowi mengibaratkan hal tersebut seperti jenjang sekolah dari SD sampai universitas.

"Jangan sampai pemimpin satu sudah mengerjakan tidak dilanjutkan oleh pemimpin berikutnya. Ini yang bahaya. Dan selalu kalau seperti itu mulai terus dari TK terus. Sudah ke SMP, ke SMA, mulai lagi dari TK lagi. Kapan kita sampai ke lulus universitas," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI itu lantas mengingatkan tantangan besar yang dihadapi Indonesia. Jokowi menegaskan agenda politik tak boleh menambah suasana ketidakpastian.

"Dan problemnya sekarang ini bukan problem yang enteng. Semua negara mengalami hal yang sama ketidakpastian. Jangan sampai juga karena kita nanti ada perhelatan pemilu dan pilkada, ketidakpastian itu tambah lagi," imbuh Jokowi.

Hipmi Teriak 'Lanjutkan'

Teriakan 'lanjutkan' itu sebelumnya terdengar saat Ketum Hipmi Mardani H Maming menyampaikan sambutan. Maming awalnya menyebut Hipmi bakal menjadi barometer pada 2024. Dia yakin kader Hipmi bakal banyak berkontribusi pada 2024.

"Hipmi akan menjadi barometer di 2024. Siapa pun yang menjadi pemimpin di masa depan, saya yakin tidak lepas dari kader-kader Hipmi. Tapi kalau bisa, Pak Jokowi, jangan cepet-cepet meninggalkan kita," ujar Maming.

Di akhir sambutan, Maming menegaskan Jokowi adalah keluarga Hipmi. Dia menyatakan siap mengikuti petunjuk Jokowi.

"Saya harus memberi keyakinan kepada Bapak Presiden Ir Joko Widodo. Beliau adalah keluarga Hipmi, beliau adalah Presiden Hipmi yang pertama," ujar Maming.

"Apa pun kebijakan beliau di 2024, kita keluarga Hipmi siap mendukung dan mengikuti apa petunjuk beliau. Lanjutkan, lanjutkan, lanjutkan," sambung dia diikuti teriakan lanjutkan. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan