Mendag M Lutfi Diganti karena Polemik Minyak Goreng? Ini Kata Istana

M Lutfi terdepak dari jabatan Menteri Perdagangan di Kabinet Indonesia Maju dan kini digantikan oleh Zulkifli Hasan. Apakah Lutfi direshuffle karena polemik minyak goreng?

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan pada dasarnya perombakan kabinet untuk membuat kinerja pemerintah lebih baik. Pramono berbicara mengenai urusan pangan yang menjadi persoalan dunia.

"Ini untuk membuat kabinet bisa lebih bekerja lebih lincah, karena kan tidak semata-mata urusan di kementerian perdagangan. Karena sekarang ini persoalan pangan, persoalan inflasi, itu kan menjadi persoalan dunia. Maka untuk itu refreshing diperlukan," kata Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Pramono juga mengatakan harga minyak curah sekarang perlahan mulai turun. Dia juga berharap hal ini berdampak ke para petani.

"Ya sekarang ini relatif dengan penanganan digitalisasi minyak goreng, miyak curah kita, harga minyak curah perlahan-lahan turun mulai dari kemasan sederhana, bagus, premium maupun minyak curah," ujar Pramono.

"Tetapi kita mengharapkan kontinuitas ini juga berdampak pada petani, terutama petani swadaya sekarang ini kan buatanannya masih cukup rendah maka pemerintah akan memberikan insentif bagi eksportir," sambung Pramono.

Perihal reshuffle hari ini, Pramono mengatakan Presiden Jokowi sudah matang memperhitungkan tersebut. Pramono menyebut Jokowi sudah tahu betul kebutuhan bagi kabinetnya.

"Ya kalau namanya reshuffle itu tentunya pertimbangannya banyak, terutama presiden tahu siapa yang paling beliau butuhkan saat ini. Maka sebagai pembantu presiden ya membantu beliau. Memberikan pandangan kalau memang ada yamg beliau akan putuskan," ucap Pramono.

Pertimbangan Reshuffle

Selain itu, Pramono mengatakan perombakan kabinet juga didasarkan pada kebutuhan organisasi. Pramono mengatakan Jokowi sangat memahami semua persoalan yang dihadapinya.

"Ya pertimbangannya tentunya kapabilitas, kapasitas, kebutuhan organisasi, karena kan presiden sudah di luar kepala persoalan urusan ekonomi, urusan energi dan apayang menjadi tantangan ke depan kita selama sampai dengan 2024.

Seperti diketahui, Jokowi hari ini melantik dua menteri dan tiga wakil menteri. Berikut daftarnya:

1. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Ketum PAN)
2. Menteri ATR/BPN Hadi Tjahyanto (Mantan Panglima TNI)
3. Wamen ATR Raja Juli Antoni (Dewan Pembina PSI)
4. Wamendagri John Wempi Watipo (Wamen PUPR)
5. Wamenaker Afriansyah Noor (Sekjen PBB). [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan