Paspampres Siapkan Helm hingga Rompi untuk Jokowi di Ukraina

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) telah menyiapkan tim penyelamatan khusus dan perlengkapan keamanan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Rusia dan Ukraina. Perlengkapan keamanan yang diberikan untuk Jokowi itu di antaranya rompi dan helm.

"Perlengkapan pun kita sudah siapkan helm, rompi yang kemungkinan kalau memang berkenan digunakan untuk kegiatan di sana kita juga sudah siapkan semuanya," kata Komandan Paspampres (Danpaspampres) Mayjen Tri Budi Utomo kepada wartawan, Kamis (23/6/2022).

Tri Budi mengatakan helm dan rompi itu juga disiapkan untuk seluruh delegasi yang mendampingi Jokowi saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

"Semua, semua delegasi yang akan ikut kita siapkan," ungkap dia.

Lebih lanjut, Tri Budi menyampaikan tim penyelamatan khusus yang mengawal Jokowi nanti juga akan dibekali senjata laras panjang. Dia menjelaskan penggunaan senjata laras panjang dengan amunisi tidak terbatas itu sudah seizin pemerintah Ukraina.

"Untuk senjata yang biasanya kita tidak menggunakan senjata laras panjang. Dari pihak Ukraine juga sudah memberi kita keleluasaan untuk membawa senjata laras panjang sesuai dengan jumlah personel Paspampres kita dengan amunisi yang tidak terbatas," tutur Tri Budi.

Kurang lebih 39 anggota Paspampres yang berasal dari berbagai matra akan dikerahkan untuk mengawal Jokowi nanti. Tri Budi menuturkan pihaknya juga sudah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan KBRI di Ukraina dan Rusia terkait pengamanan Jokowi nanti.

Latihan Penyelamatan

Paspampres beberapa minggu ini secara intensif juga sudah melakukan latihan penyelamatan. Latihan itu mencakup latihan penyelamatan di perjalanan.

"Personel kami juga sudah menyiapkan tim penyelamatan yang biasanya pada saat kegiatan tertentu kita tidak membawa, khusus ini kita membawa personel tersebut dengan menggunakan pakaian nantinya rencananya akan menggunakan PDL TNI. Tapi untuk main group-nya kita sendiri tetap penyelamatan dengan meng-cover beliau secara langsung," pungkas Tri Budi. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan