Dituding Bela Polri Oleh Pengacara Brigadir J, Komnas HAM: Kami Independen

Pengacara Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak menyebut tidak percaya Komnas HAM dan menuduh Komnas HAM bekerja untuk Polri. Komnas HAM menegaskan bahwa bekerja secara independen.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara, menghormati penilaian dari Kamaruddin. Dia tidak mempermasalahkan soal anggapan tersebut.

"Kami menghormati pendapat dan ekspresi setiap orang termasuk pengacara keluarga Brigadir J dalam merespon setiap langkah pemantauan dan penyelidikan yang dilakukan oleh Komnas HAM," kata Beka, saat dihubungi, Minggu (30/7/2022).

Beka lalu menjawab bahwa Komnas HAM bekerja secara independen. Mereka tidak bekerja atau terpengaruh oleh siapapun termasuk Polri.

"Komnas HAM akan terus bekerja secara independen seperti ditegaskan sejak awal penanganan kasus, transparan dan akuntabel," katanya.

Sebelumnya, Kamaruddin Simanjuntak, mengaku tak percaya dengan Komnas HAM. Dia pun menuding bahwa penyelidikan Komnas HAM di kasus Brigadir J tidak bisa diharapkan.

"Saya dari dulu nggak pernah percaya sama Komnas HAM. Artinya tidak ada yang bisa diharapkan," kata Kamaruddin, saat dihubungi, Jumat (29/7/2022).

Kamaruddin menilai Komnas HAM bekerja untuk Polri. Dia juga menyinggung Kompolnas yang juga menjadi bagian dari Mabes Polri.

"Komnas HAM itu memang bekerjanya untuk Polri dari dulu. Demikian juga Kompolnas sub dari Mabes Polri," tuturnya.

"Pokoknya LPSK, Komnas Ham dan Kompolnas nggak ada yang bisa dipercaya," ujarnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan