Jokowi Hadiri Resepsi Pernikahan Putri Anies Baswedan

Presiden RI Joko Widodo tiba di Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara. Jokowi datang untuk menghadiri resepsi pernikahan putri Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan, dengan Ali Saleh Alhuraiby.

Pantauan detikcom di lokasi Jumat (29/7/2022), Jokowi tiba pukul 19.52 WIB. Dia didampingi istrinya, Iriana Jokowi.

Jokowi tampak memakai setelan jas. Dia langsung memasuki arena venue.

Sebelum Jokowi, sejumlah pejabat tinggi negara hingga ketua umum partai politik telah tiba terlebih dahulu. Di antaranya Mendag Zulkifli Hasan, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Ketum Partai NasDem Surya Paloh, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil-Menengah Teten Masduki. Tak hanya itu, para duta besar dari berbagai negara juga diundang dalam resepsi pernikahan hari ini.

Sebagaimana diketahui, prosesi pernikahan Mutiara Annisa Baswedan bersama Ali Saleh Alhuraiby bakal digelar selama tiga hari. Prosesi akad nikah diselenggarakan pada hari ini, sedangkan resepsi digelar pada malam nanti hingga Minggu (31/7) mendatang.

Anies Baswedan resmi menikahkan putrinya, Mutiara Annisa Baswedan, dengan Ali Saleh Alhuraiby pagi tadi. Kakek dan paman kedua mempelai menjadi saksi pernikahan.

"Dua saksi pernikahan merupakan orang terdekat keluarga, yaitu paman mempelai pria dan kakek mempelai wanita," kata adik kandung Anies Rasyid Baswedan, Abdillah Rasyid Baswedan, dalam keterangannya, Jumat (29/7).

Acara akad nikah putri sulung Anies Baswedan itu digelar di Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara, pada hari ini pukul 08.30 WIB. Tampak mempelai pria mengenakan jas warna putih yang didampingi ayah kedua mempelai.

Sementara itu, mempelai wanita mengenakan kebaya berwarna putih dan kain batik, berada di ruangan lain ditemani oleh ibunda kedua mempelai. Sebelum memulai ijab kabul, lantunan ayat suci Al-Qur'an dibacakan oleh juara I MTQ nasional dan internasional, Ustaz Fauzy Ridwan.

Selanjutnya, prosesi dilanjutkan dengan khotbah nikah yang dibawakan oleh Ustaz Nasir Mansur. Isi khotbah nikah yang dibawakan Ustaz Nasir sama dengan yang disampaikan Nabi Muhammad SAW saat menikahkan putrinya, Fatimah Az-Zahra.

Setelah khotbah nikah, acara dilanjutkan prosesi ijab kabul. Sebagai wali nikah, Anies Baswedan langsung mengucapkan ijab yang diikuti kabul oleh mempelai pria.

Hadir juga Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Pademangan, Saepulloh, untuk melakukan pencatatan administrasi pernikahan. Setelah prosesi akad nikah selesai dan resmi menjadi pasangan suami istri, mempelai pria ditemani oleh ayahnya dan Anies Baswedan menuju hall utama Candi Bentar untuk acara temu dan tukar cincin dengan mempelai wanita, Mutiara Annisa Baswedan.

"Alhamdulillah, Bapak Anies Baswedan telah menikahkan putri sulungnya. Prosesi akad nikah berjalan khusyuk dan khidmat penuh dengan nilai-nilai agama dan budaya. Kedua mempelai menggunakan pakaian adat Jawa, yaitu Yogyakarta," ujarnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan