Pesan KSAD ke Perwira Baru TNI AD: Kalau Anak Buah Salah, Jangan Ngamuk!

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman memimpin penerimaan perwira remaja alumni Akademi Militer 2022. Dia memberi pesan khusus kepada para perwira baru TNI itu.

"Kalian secara resmi dilantik oleh Presiden RI untuk menjadi seorang perwira. Pada hari ini, saya telah menerima para perwira remaja, jumlah keseluruhan 292. Putranya 274 dan putrinya 18, yang tadi pagi sudah secara resmi disumpah perwiranya oleh Presiden RI," kata Dudung di Mabes AD, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).

Dudung berpesan agar para perwira yang baru itu punya sikap kesatria. Dia juga meminta para perwira baru TNI AD itu tangguh dalam menyikapi perubahan zaman.

"Para perwira remaja sekalian, hari ini kalian sebagai seorang perwira tentunya di dalam cara berpikir dan bertindak kalian adalah sebagai perwira. Seperti amanat Presiden RI, jadilah kalian sebagai kesatria-kesatria muda yang berani dan tangguh di dalam menghadapi perubahan zaman," ujarnya.

Dudung kemudian menyinggung soal gaya kepemimpinan. Dia meminta para perwira baru ini tidak ngamuk jika anak buah salah.

"Tiga kata kunci pemimpin itu akan berhasil, pertama, dia harus mengerti menguasai tugas pokok dan sasaran yang harus dicapai. Kedua, dia harus mengerti-menguasai segala macam keterbatasan yang ada dalam satuan dan dirinya sendiri. Ketiga, yang paling penting, harus mengerti-menguasai unsur-unsur manusia," kata dia.

"Kalau ada anak buah yang salah, kamu jangan marah, jangan ngamuk, apalagi kamu melakukan tindakan fisik yang menyengsarakan mereka. Karena sebetulnya, apabila terjadi kesalahan, adalah sebagian kecil kesalahan kalian sebagai pemimpin," sambungnya.

Dia berharap para perwira baru ini menjadi prajurit pemberani. Dia meminta para perwira baru ini tidak memojokkan anak buah jika ada dugaan pelanggaran.

"Saya berharap kepada kalian sebagai prajurit petarung, pemberani, jagoan. Apabila ada prajurit yang melanggar, kalian harus tampil menghadapinya, jangan justru kalian memojokkan mereka, biasakan dari sekarang," ucapnya.

Dudung juga berpesan para perwira baru ini tidak sombong saat bertugas. Dia mengatakan prajurit TNI AD harus cakap menghadapi segala situasi.

"Tidak jarang perwira-perwira muda letnan dua, letnan satu, tergelincir bukan karena sandungan batu yang besar, tetapi karena kerikil-kerikil kecil. Banyak masalah, terutama masalah harta, takhta, bahkan wanita. Jangan merasa paling cakep sendiri, merasa paling segalanya. Karena justru dengan hal sepele, kalian akan terjebak," tuturnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan