RK Ungkap Progres 2 Bendungan Program Jokowi demi Kurangi Banjir DKI

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) mengungkap progres pembangunan dua bendungan di Jawa Barat yang merupakan program arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ridwan Kamil menyebut dua bendungan tersebut bisa mengurangi potensi banjir di Jakarta.

Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil lewat akun Instagramnya seperti dilihat detikcom, Selasa (26/7/2022). Ridwan Kamil mengatakan Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Kabupaten Bogor ini bakal selesai dalam waktu dekat.

"Kalau ini selesai maka aliran air yang biasanya lewat Ciliwung terus ke Jakarta dan bikin banjir itu bisa dikurangi sampai 30%. Mudah-mudahan dengan selesai bendungan Ciawi, sebelahnya ada Sukamahi, maka air di musim banjir bisa kita tahan sehingga air yang mengalir ke Jakarta bisa diatur lebih baik dan mengurangi potensi kebencanaan," kata Ridwan Kamil dalam video di akun Instagramnya. Video itu diakhiri dengan teriakan 'Bendungan Ciawi Juara, Jabar Juara, Indonesia Maju'.

Ridwan Kamil mengatakan progres Bendungan Ciawi dan Sukamahi sudah mencapai 87 persen. Dia memohon doa agar program Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono itu bisa diresmikan tahun ini.

"Selain untuk mengatur volume air sungai, juga karena pemandangannya indah, maka kedua tempat ini bisa dijadikan tempat pariwisata baru di Kab Bogor," ujar Ridwan Kamil.

"Kemarin saya melakukan inspeksi dan menyemangati tim BBWS dan para pekerja di lokasi. Semoga lancar sampai peresmiannya oleh Presiden," imbuh Ridwan Kamil. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan