Upacara Militer Iringi Kepergian Tjahjo Kumolo ke Peristirahatan Terakhir

Jenazah MenPAN-RB Tjahjo Kumolo telah selesai disalatkan dan diserahterimakan dari keluarga kepada negara. Jenazah Tjahjo Kumolo dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Pantauan detikcom, jenazah Tjahjo Kumolo tiba di TMP Kalibata, Jumat (1/7/2022), pukul 17.06 WIB. Setibanya di TMP Kalibata, jenazah Tjahjo Kumolo diiringi oleh sejumlah pasukan TNI. Prosesi pemakaman Tjahjo Kumolo dilakukan secara militer.

Tampak peti jenazah Tjahjo Kumolo diselimuti bendera Merah-Putih. Para pasukan TNI AD mengiringi jenazah Tjahjo Kumolo ke tempat perisitirahatan terakhirnya. Terlihat pasukan berbaris dan mengiringi jenazah dengan drum band.

Selain itu, terdengar juga tembakan yang dilakukan oleh prajurit saat pengantaran jenazah menuju ke liang kuburnya. Terlihat karangan bunga dan foto dari almarhum yang dibawa oleh pihak keluarga. Isak tangis juga terdengar selama prosesi pemakaman Tjahjo Kumolo.

Sementara itu, Menko Polhukam Mahfud Md menjadi inspektur upacara (irup) prosesi persemayaman dan pelepasan jenazah MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di KemenPAN-RB. Sedangkan upacara pemakaman jenazah Tjahjo Kumolo dipimpin oleh Mensesneg Pratikno.

Terlihat Bendera Merah Putih diangkat dari peti jenazah Tjahjo Kumolo. Selanjutnya penghormatan senjata dengan melepas tembakan dilakukan.

Kemudian tampak jenazah Tjahjo Kumolo diturunkan ke liang kubur pada pukul 17.36 WIB. Kemudian jenazah Tjahjo Kumolo dibacakan azan

Pemakaman itu tampak dihadiri sejumlah pejabat negara. Terlihat Politisi Senior Golkar Akbar Tandjung, Menkominfo Johny G Plate, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Ketua DPR RI Puan Maharani, Tenaga Ahli Utama KSP Ali Ngabalin, Ketum NasDem Surya Paloh, Politisi Hendropriyono, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dan pejabat negara lainnya.

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo meninggal dunia hari ini. Tjahjo wafat pada Jumat (1/7) pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo.

Tjahjo sempat dibawa ke rumah duka di Kompleks Widya Chandra. Sejumlah pejabat, di antaranya Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, melayat ke rumah duka.

Selepas dari rumah duka, jenazah Tjahjo Kumolo dibawa ke Masjid Quba, KemenPAN-RB, Jakarta, untuk disalatkan. Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin hingga Menko Polhukam Mahfud Md turut hadir di lokasi untuk menyalatkan jenazah Tjahjo. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan