Profil Brigjen Benny Ali-Brigjen Hendra Kurniawan yang Juga Dicopot Kapolri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo baru saja mengeluarkan surat telegram terkait mutasi jabatan di lingkungan kepolisian. Kapolri mencopot Karoprovos Divisi Propram Brigjen Pol Benny Ali dan Karopaminal Brigjen Hendra Kurniawan. Bagaimana sosok mereka?

Mutasi jabatan itu tertuang dalam TR 1628/VIII/KEP/2022/ tanggal Agustus 2022 yang disampaikan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Kamis (4/8/2022).

"Brigjen Pol Benny Ali Karoprovos Div Propam dimutasikan sebagai Pamen Yanma," kata Dedi.

Sementara itu, posisi Karoprovos akan diisi oleh Kombes Gupuh Setiyono. Gupuh sendiri sebelumnya menjabat sebagai Kabagyanduan Div Propam.

Selain itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga mencopot Brigjen Hendra Kurniawan dari Karopaminal menjadi Pati Yamna Polri. Dia akan digantikan oleh Brigjen Anggoro Sukartono yang sebelumnya menjabat sebagai Karowatprof Div Propam.

"Brigjen Anggoro Sukartono Karowatprof Div Propam sebagai Karopaminal," katanya.

Dirangkum detikcom, Jumat (5/8/2022) berikut ini profil Brigjen Pol Benny Ali dan Karopaminal Brigjen Hendra Kurniawan.

Brigjen Pol Benny Ali

Benny Ali merupakan lulusan Akpol 1991. Ia dikenal sebagai polisi yang memiliki pengalaman di bidang lantas sejak menjadi Dirlantas Polda Bengkulu.

Kariernya terus meningkat hingga Benny Ali diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagyanduan Divpropam Polri. Kemudian ia pun menjadi Karo Provos Divpropam Polri pada 2021. Begini jabatan yang pernah disandangnya.

-Kapolres Tulang Bawang Polda Lampung
-Wadirlantas Polda Lampung
-Dirlantas Polda Bengkulu
-Kabidkum Polda Sulut
-Kabag Prodok Ropaminal Divpropam Polri
-Analis Kebijakan Madya Bidang Paminal Divpropam Polri

-Kabag Yanduan Divpropam Polri
-Karo Provos Divpropam Polri

Brigjen Hendra Kurniawan

Selanjutnya adalah Brigjen Hendra Kurniawan. Ia lahir di Bandung pada tanggal 16 Maret 1974. Karir kepolisiannya dimulai ketika ia lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1995.

Berikut jabatan yang pernah dipegang oleh Brigjen Hendra Kurniawan:

-Kaden A Ro Paminal Divisi Propam Polri
-Analis Kebijakan Madya Bidang Paminal Divisi Porpam Polri
-Kabagbinpam Ro Paminal Divisi Propam Polri.
-Hendra mulai menjabat Karo Paminal Divisi Propam Polri pada 16 November 2020. Hendra menggantikan Brigjen Nanang Avianto yang dipromosikan sebagai Kepala Korps Samapta Bhayangkara Baharkam Polri.

Pada tahun 2021, Brigjen Hendra Kurniawan ditunjuk oleh Irjen Ferdy Sambo sebagai pemimpin tim khusus pencari fakta kasus baku tembak di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 50. Kala itu, insiden tersebut menewaskan 6 anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI). [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan