Meja Aduan di Balai Kota DKI Dibuka Kembali, Begini Suasananya

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono membuka lagi meja pengaduan masyarakat yang sebelumnya ada di era kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Bagaimana suasana di meja pengaduan pagi hari ini?

Berdasarkan foto-foto yang diterima detikcom, Selasa (18/10/2022), tampak sejumlah orang mulai berdatangan ke meja aduan sejak pagi hari ini. Meja aduan itu diletakkan di pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan.

Heru Budi pun pagi ini menyempatkan diri menghampiri meja aduan sebelum bertugas ke tempat lainnya. Tampak ia berbincang-bincang dengan petugas meja aduan yang berjaga hari ini.

Heru menyampaikan meja aduan dibuka sejak pukul 08.00 sampai 09.30 WIB. Setelah lewat jam aduan, para petugas akan kembali berdinas di tempatnya masing-masing. Heru berujar, aduan-aduan yang diterima akan ditindaklanjuti di tingkat RT terlebih dahulu, kemudian diproses hingga ke tingkat lurah.

"Kita akan buka sampai 09.30, ya 09.30 selesai. Kan mereka juga harus ada tugas di wilayah masing-masing. Kayak tadi kan pengaduan disampaikan ke RT, RT nanti ditindaklanjuti per lurah didaerah mana dia tinggal. Kan mereka-mereka ini para asisten di wilayahnya," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta.

Sebagaimana diketahui, Heru Budi hendak menghidupkan kembali meja pengaduan warga di Balai Kota. Meja pengaduan merupakan fasilitas yang dulu dibuka oleh Ahok.

Berdasarkan catatan detikcom, saat Ahok masih menjadi wakil gubernur DKI Jakarta, sistem pengaduan warga dibuka lewat SMS. Model pengaduan via SMS ini aktif pada September 2014.

Saat itu, warga yang hendak mengadu dipersilakan menghubungi tiga nomor ponsel, yakni 0811944728, 081927666999, dan 085811291966. Ahok membentuk tim Respons Opini Publik yang bekerja di lantai 3 di atas ruangan Ahok, Blok B, gedung Balai Kota. Sebanyak 25 Unit komputer disiapkan untuk menampung aduan warga.

Ahok kemudian menjadi Gubernur DKI Jakarta. Perubahan cara penampungan aduan warga terjadi. Warga yang tidak puas atas cara pengaduan via SMS dipersilakan datang ke Balai Kota saja. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan